TODDLER

5 Trik Anak Suka Makanan Sehat



Salah satu tantangan menjadi orangtua adalah memberi makanan yang bernutrisi untuk anak. Si Kecil yang baru tumbuh tentu sulit untuk mencoba berbagai makanan baru dan tidak jarang ia menolak serta menjadi picky eater alias Si Pemilih Makanan. Agar Si Kecil tumbuh sebagai pecinta makanan sehat, ada 5 trik yang bisa Anda lakukan.

1. Ajak ke dapur
Saat Anda mengajak Si Kecil ke dapur untuk membantu memasak, semuanya memang akan menjadi lebih berantakan. Keinginannya untuk mengeksplorasi seluruh isi dapur pun bukan tidak mungkin membuat kepala Anda pusing. Tetapi, justru inilah cara terbaik untuk membuat Si Kecil tertarik dengan berbagai jenis makanan sehat yang ada. Pastikan terlebih dahulu bahwa dapur Anda aman baginya dan jauhkan barang berbahaya dari jangkauannya.

2. Tambahkan penyedap organik
Si Kecil terkadang tidak mau makan, karena ia membutuhkan 'tambahan rasa' pada makanannya. Untuk itu, Anda boleh menambahkan kecap atau saus tomat di dalamnya, namun pilih yang terbuat dari bahan organik rendah gula. 'Penyedap' ini biasanya berhasil membuat Si Kecil menghabiskan makanannya dan Anda pun akan terhindar dari rasa frustasi dalam proses pemberian makan ini.

3. Belajar berkebun
Mengajak Si Kecil terlibat dalam menyiapkan bahan makanannya sendiri juga menjadi kunci utama mengajarkan pola makan sehat. Anda bisa melakukannya dengan mengajak Si Kecil menanam sayuran hijau di halaman rumah dan ikut memetiknya ketika sudah siap dipanen. Dengan begitu, Ia akan jauh lebih tertarik untuk mengonsumsi makanan segar dan sehat setiap harinya.

4. Nikmatnya smoothies
Inilah salah satu cara mudah untuk membiasakan Si Kecil makan sayur-sayuran, yakni dengan membuatkan smoothies baginya, terutama di pagi hari. Anda bisa menghaluskan beberapa jenis sayuran, seperti bayam organik dan kubis, dicampur dengan gandum yang sudah dicuci bersih. Warnanya yang menarik pasti akan menggugah selera Si Kecil.

5. Ciptakan kesenangan
Ajaklah Si Kecil makan dengan cara yang menyenangkan, seperti piknik di halaman belakang sambil menikmati makan siang atau mengundang beberapa temannya untuk makan bersama. Menu sehat sederhana yang Anda siapkan untuk Si Kecil pasti akan terasa lebih lezat kalau dinikmati dengan cara-cara seperti ini. (Dina/Sagar/DMO/Dok. M&B)

Baca trik-trik lainnya di Majalah Mother&Baby edisi Februari 2014.