TODDLER

Kenali Gaya Belajar Anak



Sebal melihat anak saat diajarkan sesuatu malah tidak bisa diam dan tidak fokus mendengarkan Anda? Jangan buru-buru memarahinya, sebab ternyata, cara anak menyerap informasi bisa dengan pola gaya yang beragam. Ada 3 pola gaya belajar, yaitu visual, auditori, dan kinestetik.

Anak yang menggunakan gaya belajar visual akan lebih mudah menyerap informasi melalui media gambar, warna, dan sebagainya. Sedangkan untuk Si Auditori, informasi akan lebih mudah dicerna olehnya, jika Anda bercerita panjang lebar. Yang terakhir, anak dengan gaya belajar kinestetik akan mengerti apa yang diajarkan kepadanya bila ia belajar melalui gerakan. “Tidak apa-apa anak belajar dengan gaya seperti apa pun, yang penting, informasi yang diberikan dapat masuk dan diserap olehnya,” ujar psikolog Dr. Rose Mini A.P., M.Psi yang akrab disapa Bunda Romi.

Bunda Romi pun menjabarkan, ada juga anak yang lebih cepat menyerap informasi yang diberikan dibandingkan dengan anak-anak lainnya. Pada anak yang seperti ini, berilah pelajaran lebih mendalam, yaitu tidak selalu pelajaran akademis, namun ajarkan juga penalaran. Anda bisa memberikan 3 gambar yang berbeda dan memintanya membuat 1 cerita dari gambar-gambar tersebut. “Orang yang pandai itu tidak selalu pintar akademis, tetapi kemampuan analisisnya luar biasa,” tutup Bunda Romi. (Sagar/DMO/Dok. M&B)