BABY

Kembar Tiga, Si Adik Lahir 5 Tahun Kemudian



Memiliki bayi kembar merupakan anugerah terindah yang tidak dialami oleh semua orangtua. Namun, pasangan Nicola Brightey dan Kevin mengalaminya. Mereka dikaruniai 3 anak kembar setelah menunggu selama 15 tahun untuk memiliki momongan. Anehnya, bayi mereka yang ketiga, lahir tidak pada waktu yang bersamaan, yaitu 5 tahun setelah kembarannya lahir.

Pasangan yang menikah pada Agustus 1998 ini memeriksakan diri ke dokter pada tahun keempat pernikahan mereka untuk menanyakan mengapa mereka belum juga dikaruniai anak. Ternyata hasil tes menunjukkan saluran telur (tuba fallopi) Nicola tertutup bekas luka dan perlu mendapatkan perawatan kesuburan. “Itu berarti, saya tidak akan bisa memiliki anak secara alami. Jadi, satu-satunya cara untuk hamil adalah menggunakan program invitro fertilization (IVF),” ungkap Nicola, seperti dilansir dari Dailymail UK.

Setelah 3 tahun menabung, pasangan itu pun mengikuti program IVF pertama di CARE Fertility, Nottingham, pada Oktober 2007, namun mengalami kegagalan. Program IVF kedua dilakukan kembali pada Januari 2008, yang berhasil memproduksi 14 sel telur. Delapan sel telur difertilisasi dan 2 sel telur dikembalikan ke dalam ovarium Nicola, sedangkan 6 sel telur yang lainnya disimpan di freezer. Dua minggu kemudian, Nicola pun dikabarkan berhasil hamil. Pada November 2008, 2 bayi laki-laki kembar lahir dengan selamat di Queen Elizabeth Hospital, Kings Lynn, Inggris.

Pasangan itu kemudian memutuskan lagi untuk mengikuti program IVF agar anak kembar mereka memiliki saudara. “Kami ingin sekali memiliki bayi lagi dan kami pikir memberikan saudara untuk Si Kembar akan membantu meningkatkan kemampuan bersosialisasi mereka,” ungkap ibu dari James dan Daniel itu.

Akhirnya, mereka memutuskan untuk melakukan program IVF kembali pada tahun lalu. Embrio Nicola yang disimpan di dalam freezer pun dimasukkan ke dalam rahimnya. Ajaib, Nicola berhasil melahirkan bayi perempuan yang mirip sekali dengan anak-anaknya yang lain pada November 2013 di Peterborough City Hospital, Inggris. “Saat orang-orang melihat kedua anak laki-laki saya, mereka bertanya apakah saya mengikuti program IVF. Lalu, saya katakan kalau Elizabeth adalah kembaran ketiga namun lahir 5 tahun setelah kembarannya yang lain, mereka sangat terkejut,” jelas Nicola.

“James dan Daniel sangat menjaga Elizabeth. Mereka sangat menyayangi saudara kembarnya ini. Mereka memiliki bonding yang sangat kuat, termasuk dengan adik mereka, Elizabeth. Saya adalah ibu yang paling beruntung di dunia ini,” tutup Nicola. (Sagar/DMO/Dok. Dailymail UK)