TODDLER

7 Tip Redakan Flu Anak



Influenza atau flu merupakan penyakit yang paling rentan menyerang anak. Gejala seperti hidung meler, bersin-bersin, rewel, sampai tidak mau makan dialami Si Kecil ketika flu. Sebagai orangtua, kondisi ini tentu membuat Anda khawatir.

Namun, menurut dr. Philippa Ridley, flu di masa kanak-kanak adalah hal yang normal. Flu merupakan salah satu cara membentuk sistem imunitas Si Kecil. Jadi, Anda tidak perlu terlalu khawatir dengan gejala ini. Berikut 7 tip sederhana yang dapat Anda lakukan untuk meredakan flu Si Kecil.

1. Matikan AC di ruangan, karena AC membuat udara kering. Udara yang lembap akan lebih baik untuk menolong Si Kecil bernapas lega.
2. Beberapa tetes minyak lavender dalam air mandinya yang hangat dapat meringankan hidung yang tersumbat dan membuat Si Kecil tidur lebih nyaman.
3. Oleskan gel pelembap di sekitar hidung Si Kecil untuk mengatasi kulit yang kering.
4. Jauhkan Si Kecil dari asap rokok yang akan memperparah batuknya.
5. Jika batuk Si Kecil parah, tidurkan dengan posisi tengkurap di pangkuan Anda, dan tepuk lembut punggungnya selama ia batuk.
6. Tanyakan kepada dokter, apakah Si Kecil perlu diberi obat batuk.
7. Jika Si Kecil sudah berusia di atas 1 tahun, berilah ia minum air hangat yang dicampur 2 sendok madu dan air jeruk lemon. (Aulia/DMO/Dok. M&B)