FAMILY & LIFESTYLE

Cara Tepat Menyimpan Buah



Si Kecil dan anggota keluarga lainnya suka sekali makan buah? Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika Anda menyimpan buah agar kandungan nutrisinya tetap baik.

1. Pisahkan matang dan mentah
Beberapa buah memproduksi gas ethylene saat sudah matang. Hal ini dapat mematangkan terlalu awal buah-buahan yang sensitif terhadap gas tersebut. Buah seperti alpukat, pisang, dan mangga harus disimpan di tempat yang berbeda dengan buah seperti apel dan semangka.

2. Yang matang masuk kulkas
Simpan buah yang belum matang, seperti pir, kiwi, mangga, melon, dan pisang di atas meja. Saat sudah matang, pindahkan ke kulkas. Jika langsung disimpan dalam kulkas, buah tidak akan masak dan justru akan menjadi asam.

3. Simpan jeruk dalam kantung plastik
Buah seperti jeruk, lemon, dan jeruk nipis akan bertahan sampai satu minggu jika disimpan di tempat yang dingin, gelap, dan jauh dari paparan sinar matahari. Anda juga bisa menyimpan buah-buahan ini di kulkas dengan dibungkus kantong plastik, agar lebih tahan lama.

4. Jangan cuci sembarangan
Hindari mencuci stroberi atau blueberry sebelum disimpan dalam kulkas. Buah-buahan ini akan basah, sehingga jamur mudah tumbuh dan buah jadi lebih cepat busuk. Simpan buah-buahan ini dalam kotak kering dan taruh dalam lemari es. Sebaiknya, Anda mencucinya saat hendak dimakan. (rosa/freedigitalphotos.net)