FAMILY & LIFESTYLE

Cegah Anemia Sejak Dini

Pencegahan anemia


Selain akibat defisiensi zat besi dan faktor genetika, anemia bisa menjadi indikasi awal terjadinya kanker. Beberapa penyakit kronis, seperti penyakit jaringan ikat, ginjal, hati, dan infeksi akut juga ditandai dengan gejala anemia. Bila itu terjadi, satu-satunya cara penyembuhan adalah dengan transfusi darah. Namun, anemia yang paling sering terjadi adalah anemia yang disebabkan oleh kekurangan zat besi.

Penting bagi kita untuk mencegah anemia sejak dini. Pencegahan anemia akibat defisiensi zat besi dapat dilakukan dengan mengonsumsi beragam makanan dari sumber-sumber hewani dan nabati. Sumber hewani yang bisa dipilih, misalnya hati, daging, unggas, dan ikan. Sementara untuk sumber nabati, Anda bisa mengonsumsi beragam sayuran hijau.

Selain dengan asupan makanan sehat, Anda juga dapat mencegah anemia dengan mengonsumsi suplemen zat besi dan vitamin C, tidur yang cukup, olahraga, serta mengurangi asupan yang dapat menghambat penyerapan zat besi, seperti teh dan kopi. Pemeriksaan kesehatan yang rutin juga dapat mendeteksi masalah yang menjadi penyebab anemia. (Aulia/DMO/Dok. M&B)

BACA JUGA: Jangan Sepelekan Anemia