TODDLER

Tips Anak Makan Sendiri



Bila pada waktu makan, Si Kecil mulai berulah dengan berusaha mengambil sendok dari tangan Anda atau menutup mulutnya dan mendorong piring makannya, itu mungkin pertanda ia ingin makan sendiri.

Walaupun kontrol motorik halusnya untuk mengangkat sendok dan memasukkan makanan ke dalam mulut tanpa berantakan masih belum berkembang dengan sempurna, Anda sudah boleh membebaskannya makan sendiri. Biarkan ia belajar dan berlatih agar semakin semangat makan sendiri. Syaratnya, jangan sampai kegiatan ini membuat Anda dan Si Kecil stres. Dilansir melalui Mother & Baby Australia, ada 4 cara yang dapat Anda lakukan agar waktu makan Si Kecil menjadi lebih menyenangkan.

1. Atur waktu makan
Anda pasti senang melihat Si Kecil mulai ingin makan sendiri. Namun sebaiknya, Anda tetap bisa mengatur kapan ia bisa berlatih makan sendiri dan kapan Anda mengambil alih untuk menyuapinya. Bila ia sedang dalam keadaan sangat lapar atau sedang lelah, akan lebih baik jika Anda menyuapinya saja supaya ia tidak merasa stres dan rewel.

2. Pilih peralatan makan
Gunakan peralatan makan yang sesuai dengan ukuran Si Kecil. Misalnya, sendok, garpu, atau gelas yang bergagang, agar ia lebih mudah memegangnya.

3. Beri contoh
Atur waktu makan Si Kecil bersamaan dengan waktu makan keluarga. Ia akan terbiasa melihat situasi di sekelilingnya dan mulai mengikuti bagaimana cara makan yang baik dan benar.

4. Ini bukan medan perang
Jangan membuat waktu makan menjadi tidak menyenangkan. Meski Anda bertanggung jawab untuk memenuhi asupan gizinya dengan berbagai macam jenis makanan, namun mulailah menghargai keinginannya. Bila ia hanya memakan makanan favoritnya, cari akal supaya ia tidak menjadi picky eater bukan dengan cara memaksa. (Sagar/DMO/Dok. M&B)