BABY

Protes Bayi, Bentuk Rasa Percaya?



Tidak selamanya hubungan Anda dan Si Kecil baik-baik saja. Terkadang, Anda menghadapi protes dan kemarahan Si Kecil, terutama bila apa yang Anda lakukan tidak sesuai dengan keinginannya. Dari protes yang bayi Anda lontarkan, perasaan sedih tentu hinggap di hati Anda, karena merasa kerja keras Anda untuk menyenangkannya tidak dihargai. Apalagi bila Si Kecil ternyata tetap tersenyum saat pasangan Anda memintanya untuk tidur atau tidak pernah protes terhadap apa pun yang disajikan Sang Nenek untuknya. Sebelum Anda mempunyai pikiran kalau Si Kecil tidak menyukai Anda dan memasukkan semua protesnya ke dalam hati, Anda perlu mengetahui kalau protes yang dilontarkan Si Kecil merupakan tanda bahwa bonding di antara Anda dan dirinya berhasil.

“Itu sebenarnya termasuk pujian untuk Anda. Semakin bayi merasa nyaman dengan orangtuanya, ia akan percaya kalau Anda tidak akan meninggalkannya meski ia menunjukkan perasaannya. Sangat manis, tetapi sekaligus menyebalkan, bukan?” ungkap dokter naturopati asal California, Tara Levy.

Dikutip melalui Babycenter, Levy menyebutkan, para ibu harus bisa merasakan perasaan bayi-bayi mereka. Bayi masih beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya serta bertemu dengan banyak orang, sehingga menguras seluruh energinya, khususnya jika ia merasa tidak nyaman. Untuk itu, biarkan bayi mengeluarkan rasa frustasinya sesekali kepada orang-orang yang dianggap sangat dekat dengannya, salah satunya dengan Sang Ibu. (Sagar/DMO/Dok. M&B)