FAMILY & LIFESTYLE

Fakta Kurang Minum



Kini, semakin banyak ahli kesehatan yang menyadari bahwa air termasuk salah satu gizi esensial bagi tubuh agar tetap sehat dan aktif. Minum air putih dalam jumlah mencukupi sangat penting, karena air adalah zat gizi yang tidak dapat diproduksi tubuh hingga perlu asupan secara terus-menerus dari luar, seperti diungkapkan ahli gizi masyarakat dari IPB, Prof. Dr. Hardinsyah, MS. Oleh karena itu, para ahli gizi kini memasukkan pesan minum 8 gelas air dalam sehari.

Fakta terkini, kekurangan air adalah salah satu penyebab keletihan. Studi oleh The Indonesian Hydration Regional Study (THIRST) melaporkan, kehilangan cairan tubuh 2 persen saja dapat memperlambat ingatan ataupun fokus pikiran, serta kesulitan menghitung, membaca, dan memilah pekerjaan. Tak hanya itu, kekurangan air juga bisa menyebabkan jantung berdetak lebih cepat, sehingga kita menjadi lebih cepat lelah. Kekurangan air tubuh 1 persen mulai menimbulkan rasa haus dan gangguan mood; kekurangan air tubuh 2-3 persen meningkatkan suhu tubuh, rasa haus, dan gangguan stamina; kekurangan air tubuh 4 persen menurunkan kemampuan fisik 25 persen; serta risiko pingsan bila kadar air tubuh berkurang sampai 7 persen.

Studi oleh para peneliti di Amerika Serikat dan Perancis pada 2010 melaporkan, dengan hanya mengalami dehidrasi 1,5 persen berat badan saja, para pria menjadi terganggu tingkat kerja kognitif dan mood. Dampak negatif dari dehidrasi pun dirasakan oleh wanita. Bahkan pada wanita, dehidrasi sebesar 1,3 persen berat badan menyebabkan hal yang sama.

Jadi, jika Anda mencukupi kebutuhan air tubuh, selain terhindar dari dehidrasi, tubuh Anda pun tetap sehat! (Dian/SR/Dok. M&B)