FAMILY & LIFESTYLE

Fakta Sehat Apel



Kabar gembira untuk Anda para penyuka apel. Peneliti Perancis menemukan bahwa senyawa flavonoid atau phloridzin yang terkandung dalam buah ini dapat meningkatkan kepadatan tulang. Selain itu, penelitian dari Universitas California di San Diego, AS, juga menemukan bahwa konsumsi 1 buah apel, yang kaya akan kalium, mampu menurunkan risiko stroke hingga 40 persen.

Bagi Anda yang menyukai makanan berminyak dan tinggi kolesterol, apel bisa menjadi solusi yang baik untuk menurunkan kolesterol dan meningkatkan kinerja fungsi jantung. Apel juga diklaim banyak mengandung zat besi, yang dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah, sehingga dapat mengatasi gejala anemia.

Ibu hamil yang mengonsumsi buah apel juga akan terhindar dari risiko gangguan pernapasan, seperti asma. Senyawa antioksidan dalam apel juga mampu mengekang sel-sel kanker dan meningkatkan daya tahan tubuh, serta membantu tubuh memproduksi senyawa kimia asetilkolin yang mampu mentransmisikan informasi antar sel yang membuat otak semakin tajam. Menggigit apel yang renyah juga disebut dapat memudarkan plak gigi dan memutihkan warna gigi. Ya, apel mengandung asam malat yang dapat menghilangkan noda pada permukaan gigi secara alami. (Aulia/DMO/Dok. M&B)