TODDLER

Romantis, Ini 7 Tanda Anak Cinta pada Orang Tuanya!



Sebagai orang tua, Moms tentu saja sangat menyayangi Si Kecil, kan? Moms juga pastinya punya berbagai cara untuk mengungkapkannya kepada Si Kecil, mulai dari memeluknya hingga membacakan dongeng pengantar tidur setiap malam.

Namun, bagaimana dengan Si Kecil? Mungkin Moms bertanya-tanya, apakah sebenarnya Si Kecil juga sangat menyayangi Anda? Balita punya cara dan bahasanya tersendiri untuk mengungkapkan rasa cintanya terhadap orang tuanya, lho. Penasaran bagaimana caranya mengungkapkan cinta, Moms? Simak penjelasannya berikut ini, ya!

Menjiplak perilaku

Moms dan Dads adalah sosok panutan pertama buat anak. Karena itu, Si Kecil akan sering meniru berbagai perilaku Moms dan Dads. Tak hanya sebagai tanda proses belajar, meniru perilaku dan mimik merupakan salah satu bentuk hormat dan rasa cinta yang tulus yang dilakukan oleh anak balita.

Mengikutsertakan Anda

Saat ia masih bayi, mungkin Moms sering mendapatinya merespons berbagai gurauan dan candaan Anda dengan tawa atau ekspresi yang menggemaskan. Namun, setelah memasuki usia balita, hal tersebut bisa makin canggih. Kini ia bisa jadi lebih sering menjawab pertanyaan yang Anda berikan, menyaksikan reaksi Anda terhadap hal-hal yang ia berhasil lakukan, dan menjelaskan Anda tentang berbagai ide unik nan lucu miliknya. Hal ini sering disebut sebagai reciprocal social attention, yang merupakan tanda keterikatan dan kepercayaan yang kuat antara Si Kecil dan Anda, Moms.

Sumber pertolongan

Balita mungkin belum benar-benar memahami makna "Aku sayang kamu", tapi perilakunya berbicara lebih keras dibandingkan kata-kata. Salah satunya adalah ia akan langsung berlari menuju Anda ketika ia terjatuh atau sedih. Hal ini menunjukkan bahwa Moms adalah sosok yang ia percaya dapat membantunya.

Memberikan kenyamanan

Tak hanya menjadikan Anda sebagai penyedia kenyamanan, Si Kecil juga menganggap Anda orang yang sangat penting baginya sehingga berhak disediakan kenyamanan olehnya. Moms mungkin kaget dan kagum di saat yang bersamaan dengan perkembangan empatinya. Tindakan berbagi kenyamanan, seperti menawarkan selimut kesayangannya saat ia melihat Anda menangis atau mencium Anda ketika Anda terlihat bersedih, adalah salah satu tanda cinta paling menggemaskan.

Bertingkah

Tidak, berteriak-teriak atau menangis histeris tak melulu pertanda bahwa Si Kecil adalah anak nakal yang tidak menyayangi orang tuanya, karena pada beberapa momen ia hanya ingin menarik perhatian Anda dengan berperilaku tidak sewajarnya. Di sisi yang lain, hal ini menandakan bahwa ia merasa aman bersama Anda sehingga ia bisa menunjukkan emosi yang sedang ia rasakan.

Baca juga: Balita Suka Marah-marah, Ini Penyebab dan Cara Meredakannya

Mengucapkannya dengan lantang

Di usianya yang ke-2 atau ke-3 tahun, Si Kecil biasanya sudah mulai bisa mengekspresikan rasa sayangnya melalui kata-kata. Ia bisa saja menyebutkan "Aku sayang Mama" atau "Mama sangat cantik, ya" atau bahkan "Aku ingin bersama Mama selamanya". Kalimat-kalimat yang terkesan norak sekaligus mengharukan ini berarti sama, bahwa ia mencintai Anda, Moms.

Memberikan hadiah

Tak berarti Anda akan melulu mendapatkan bunga, tapi berbagai hal yang ia anggap bermakna dan menarik, mulai dari batu, ilalang yang ia petik di depan rumah, hingga potongan puzzle kesukaannya bisa ia berikan kepada Anda. Berbagai hadiah yang mengharukan dan lucu ini adalah caranya untuk menunjukkan rasa cintanya pada Anda dan Anda adalah orang yang sangat spesial buatnya. (M&B/Gabriela Agmassini/SW/Foto: Freepik)