BUMP TO BIRTH

Dukungan Pasca Keguguran



Keguguran memang musibah yang sangat tak diinginkan setiap ibu hamil. Namun, dalam keadaan tertentu, peristiwa ini terkadang tak terelakkan. Saat Anda mengalaminya, dukungan dan curahan hati sangat diperlukan untuk membantu Anda untuk bangkit kembali. Hal tersebut mungkin tidak akan mengobati rasa kecewa Anda secara total. Namun, setidaknya Anda tiak merasa sendirian dalam situasi yang sulit tersebut. Dilansir dari sumber M&B UK, Anda bisa memanfaatkan orang-orang terdekat untuk membantu meredakan emosi negatif Anda pasca-keguguran, seperti berikut.

1. Pasangan Anda
Pasangan mungkin menjadi orang pertama yang menghibur Anda. Ia tidak ingin Anda berlarut-larut dalam kesedihan dan kekecewaan. Bicarakan padanya dari hati ke hati tentang perasaan Anda, dan bagaimana langkah selanjutnya yang Anda inginkan. Dengan komunikasi, Anda berdua bisa saling memahami emosi masing-masing. Tunjukkan pula bahwa Anda sedang sangat membutuhkannya. Momen ini juga dapat memperkuat ikatan anda dan pasangan, dan membuat Anda lebih mudah bangkit.

2. Sahabat
Seorang sahabat yang baik dapat menjadi sumber terbaik saat kita melewati masa sulit. Ketika Anda bercerita tentang perasaan Anda, lepaskanlah semua yang Anda rasakan untuk membagi beban dan kesedihan Anda. Sahabat yang baik akan siap untuk mendengarkan dan menenangkan Anda. Namun, anda perlu berhati-hati untuk memulai pembicaraan sensitif seperti ini. Anda juga perlu melihat kondisi teman Anda, apakah ia sedang cukup lengang untuk mendengarkan curhatan Anda. Jika ia sibuk, sebaiknya bagi cerita Anda di lain waktu.

3. Ibu
Keluarga adalah sumber yang paling kuat dalam memberi dukungan. Orang-orang penting dalam hidup Anda, seperti sosok ibu menjadi list orang penting yang perlu tahu apa saja yang Anda alami. Mereka tahu hal terbaik untuk membantu Anda. Anda bisa melakukan banyak kegiatan bersama mereka untuk mengurangi kesedihan, seperti belanja, memasak, atau membersihkan rumah bersama, tanpa harus khawatir atau sungkan, karena mereka mencintai Anda tanpa syarat.

4. Psikolog
Jika Anda merasa sulit untuk membuka diri terhadap orang-orang yang dekat dengan Anda, mungkin lebih mudah untuk berbicara dengan seorang ahli yang bisa membantu Anda. Seorang konselor atau psikolog yang berkualitas mungkin bisa membantu mengekspresikan emosi Anda. Mereka juga memberikan nasihat dan solusi apa yang harus Anda lakukan. (Aulia/OCH/dok.M&B)