FAMILY & LIFESTYLE

6 Hal yang Bisa Merusak Keintiman Anda dengan Pasangan



Menjaga keintiman merupakan hal yang sangat penting dalam menjalani sebuah hubungan pernikahan. Bisa dikatakan, keintiman juga menjadi kunci selalu tumbuhnya percikan cinta atau chemistry antara pasangan. Namun, terkadang Anda atau pasangan Anda tanpa sadar mungkin telah "membunuh" keintiman dalam hubungan pernikahan tersebut.

Hilangnya keintiman dalam hubungan pernikahan bisa disebabkan karena terkadang Anda merasa terlalu nyaman berada bersama pasangan, sehingga membuat Anda makin jarang melakukan hal yang bisa menjaga keintiman dalam pernikahan tetap menyala.

Untuk menghindari keretakan dalam pernikahan, Anda perlu mewaspadai beberapa hal yang bisa merusak keintiman Anda dengan pasangan berikut ini.

1. Tidak mengenakan cincin perkawinan

"Ah, sudah 10 tahun menikah, buat apalagi pakai cincin kawin? lagi pula semua orang sudah tahu saya sudah menikah." Hati-hati, pikiran seperti itulah yang tanpa sadar memudarkan keintiman dan membuat ketegangan dalam pernikahan Anda. Ingatlah, Anda memakai cincin tersebut sebagai simbol komitmen Anda satu sama lain, jadi tak perlu sungkan menunjukkan komitmen tersebut.

2. Flirting

Jangan anggap remeh kebiasaan flirting atau menggoda orang lain selain pasangan Anda. Flirting bisa menjadi masalah besar dalam pernikahan. Lagi pula mengapa Anda harus menggoda orang lain saat Anda telah berkomitmen dengan pasangan Anda? Mengapa tidak menggoda pasangan Anda untuk menjaga keintiman Anda berdua? Ketahuilah, secara tidak sadar, flirting mungkin akhirnya akan membuat Anda mengabaikan pasangan Anda.

3. Menonton konten dewasa

Pornografi merupakan hal yang bisa digunakan untuk membumbui keintiman Anda. Namun, bila Anda harus menontonnya, maka tontonlah bersama pasangan Anda. Jika ia tidak tertarik, lebih baik menghindarinya sama sekali. Membaca novel erotis atau menonton film dewasa bisa menyebabkan kecanduan yang dapat memengaruhi kehidupan intim Anda. Terkadang materi ini bisa memengaruhi cara Anda berpikir dan dapat membuat pasangan Anda tampak membosankan.

Baca juga: Bosan Berhubungan Intim? Hangatkan dengan 5 Cara Ini!

4. Berada di lingkungan yang negatif

Orang terdekat Anda biasanya bisa memengaruhi bagaimana cara Anda memandang pasangan. Anda mungkin punya teman dekat yang bisa diajak bicara tentang segala hal, baik maupun buruk. Jika teman atau keluarga Anda bersikap negatif atau tidak bahagia dengan hubungan Anda, mereka bisa saja membuat Anda mulai membenci pasangan Anda dan pada gilirannya akan memengaruhi hubungan Anda dengan pasangan.

5. Kurang kerja sama dengan pasangan

Penting bagi setiap pasangan untuk berbagi tugas dan juga saling membantu, karena akan membuat satu sama lain merasa didukung adalah cara yang baik untuk menjaga dan meningkatkan keintiman.

Bila Anda dan pasangan berlaku demikian, tentunya hubungan Anda akan terasa hangat dan masing-masing dari Anda juga akan merasa dicintai. Sebaliknya, bila Anda mengabaikan pasangan Anda dan menyerahkan segalanya kepada pasangan untuk ditangani, hal ini justru hanya akan membuat pasangan membenci Anda.

6. Melimpahkan masalah pribadi pada pasangan

Begitu banyak hal yang dapat membebani kita secara emosional, fisik, dan mental, yang tentunya ini bisa berdampak pada hubungan Anda dan pasangan. Karena itu, Anda perlu meluangkan waktu untuk bisa tetap menjaga hubungan Anda. Terkadang, bila kita sering melimpahkan masalah yang sedang kita hadapi kepada pasangan, pada gilirannya hal ini bisa membuat pasangan Anda hanya akan makin menjauh dan perlahan-lahan bisa membunuh keintiman Anda berdua. (M&B/Vonda Nabilla/SW/Foto: Freepik)