BABY

Waktu Tidur Newborn



Pada bulan pertama kehidupan bayi, ia akan menghabiskan waktu sebanyak 17 jam setiap hari untuk tidur. Saat tertidur, mental dan fisik bayi akan berkembang, baik di siang atau malam hari. Dilansir melalui M&B AU, bayi yang tidur teratur di siang hari akan beristirahat lebih baik pada malam hari karena mereka tidak terlalu lelah.

Newborn cepat sekali lelah dan hanya terbangun selama 45 menit, kemudian tertidur lagi. Setelah menginjak usia 3 bulan, waktu terjaga bayi akan meningkat menjadi 95 menit. Namun Sharon Donaldson, perawat kesehatan anak dan ahli dari M&B, mengungkapkan, terkadang agak sulit bagi para orangtua untuk mengidentifikasi kelelahan bayinya.

“Jika newborn sangat lelah, ia akan menjadi susah diatur sehingga membuat Anda pun merasa kewalahan. Jadi, akan sangat membantu bila Anda memerhatikan kebiasaannya pada beberapa minggu pertama. Bagaimana perilakunya saat ia terbangun selama 1 jam atau lebih. Biasanya ia akan sedikit rewel, mengernyitkan dahi, bergerak gelisah, serta sering mengepalkan tangannya,“ jelas Sharon. Ketika Anda sudah melihat tanda-tanda tersebut atau ia sudah terjaga hampir 1 jam, siapkan dirinya untuk segera tidur kembali. (Sagar/DC/Dok. M&B)