FAMILY & LIFESTYLE

Ini Alasan Malam Hari Jadi Waktu yang Tepat untuk Bercinta



Bercinta bisa dilakukan kapan saja, pagi, siang, maupun malam. Namun, kebanyakan pasangan suami istri memilih untuk bercinta di malam hari, menjelang waktu tidur mereka.

Pilihan ini sesungguhnya bukan tanpa alasan lho, Moms dan Dads. Apabila dilakukan di malam hari, sesi bercinta bisa berlangsung lebih santai. Lain halnya jika Anda berhubungan seks di pagi hari sebelum beraktivitas yang cenderung dilakukan secara terburu-buru.

Karena bercinta di malam hari lebih santai, Anda dan pasangan bisa melakukan foreplay atau pemanasan lebih lama. Dengan begitu, Anda pun bisa lebih menikmati momen intim bersama pasangan. Bukan cuma itu, bercinta di malam hari juga punya sederet manfaat lainnya, lho. Penasaran? Yuk, simak daftarnya berikut ini!

Baca juga: Selain Bikin Langsing, Ini Manfaat Mengejutkan dari Bercinta

1. Tidur lebih nyenyak

Agar tidur lebih berkualitas, Anda dan pasangan bisa melakukan seks di malam hari menjelang waktu tidur. Pasalnya, saat bercinta, tubuh akan melepaskan hormon oksitosin atau hormon cinta. Hormon ini bisa menimbulkan perasaan tenang, nyaman, dan rileks. Dengan begitu, Moms dan Dads pun bisa tidur lebih nyenyak.

Sementara itu, saat orgasme tubuh melepas hormon prolaktin yang bisa membuat Anda merasa lebih rileks dan mengantuk. Sejumlah penelitian juga menyatakan jika berhubungan seks sebelum tidur bisa membantu mengatasi masalah insomnia.

2. Mempererat hubungan suami istri

Seperti telah disebutkan di atas, bercinta di malam hari cenderung lebih santai dibandingkan berhubungan seks di pagi hari. Sebelum bercinta, Anda bisa saling bercerita dan merayu dengan pasangan. Kebiasaan ini bisa mempererat hubungan antara suami dan istri.

Selain itu, hormon oksitosin yang lepas saat bercinta tidak hanya akan memberikan perasaan nyaman dan rileks. Hormon ini juga menimbulkan perasaan bahagia dan menumbuhkan kasih sayang. Jadi, berhubungan seks bukan hanya demi kepuasan semata, melainkan juga bisa membantu mempererat ikatan emosional antara Anda dan suami, Moms.

3. Mengatasi kecemasan dan stres

Tekanan pekerjaan dan masalah yang tengah dialami bisa menimbulkan stres atau bahkan kecemasan. Berhubungan seks sebelum tidur bisa membantu Anda dan pasangan mengatasi hal tersebut.

Sentuhan dan pelukan ketika sedang bercinta bisa membuat suasana hati jadi lebih baik sehingga rasa cemas dan stres pun bisa teratasi. Selain itu, hubungan intim juga bisa membuat Anda merasa mendapatkan dukungan emosional dan tidak kesepian sehingga bisa lebih mudah mengatasi stres. Dan karena dilakukan tidak dengan buru-buru, Anda bisa lebih menikmati sesi bercinta di malam hari lebih santai dibandingkan jika dilakukan di pagi hari.

Baca juga: 8 Kebiasaan Sehat yang Perlu Dilakukan Setelah Bercinta

4. Meningkatkan produktivitas dan energi

Tidur yang nyenyak dengan suasana hati yang membaik setelah bercinta bisa membuat Anda dan pasangan merasa lebih bahagia menyambut hari esok. Dengan perasaan yang ceria ini, Anda pun bisa lebih siap, lebih semangat dan lebih produktif untuk menjalani aktivitas sepanjang hari.

5. Menjaga kesehatan jantung

Seks merupakan salah satu bentuk aktivitas fisik yang bisa membakar kalori. Berhubungan seks secara rutin akan membuat seseorang memiliki tekanan darah yang lebih terkontrol, aliran darah yang lancar, serta fungsi jantung yang lebih baik. Oleh sebab itu, bercinta sebelum tidur bisa Anda jadikan sebagai salah satu cara untuk memelihara kesehatan jantung. (M&B/Wieta Rachmatia/SW/Foto: Freepik)