FAMILY & LIFESTYLE

Jangan Dibuang! Ini Manfaat Air Beras untuk Perawatan Wajah



Beras merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia. Sebelum dimasak menjadi nasi, biasanya kita akan mencuci dan merendam beras tersebut terlebih dulu agar beras jadi bersih. Nah, jika Moms terbiasa membuang air beras, mulai besok tampunglah air tersebut di dalam wadah. Air beras memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, lho!

Memang belum banyak orang yang mengetahui manfaat air beras. Air beras mengandung banyak nutrisi yang berguna bagi kesehatan dan kecantikan, antara lain kandungan gamma-oryzanol yang diketahui mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan ultraviolet. Kandungan nutrisi lainnya adalah vitamin B, vitamin E, dan asam amino. Berikut beberapa manfaat air beras untuk wajah Anda, Moms.

Mencerahkan kulit

Menggunakan air beras untuk membasuh atau mencuci wajah dapat membantu membuat kulit wajah lebih cerah. Hal ini karena kandungan gamma-oryzanol pada air beras dapat mencerahkan kulit wajah. Bahkan, banyak produk kecantikan yang sudah menggunakan ekstrak air beras sebagai bahan tambahan, misalnya pada sabun, toner, dan krim.

Mengatasi kulit kering

Air beras juga bisa Moms manfaatkan untuk melembapkan kulit wajah dan meredakan kulit kering akibat penggunaan berbagai produk kosmetik dan perawatan wajah yang mengandung senyawa sodium lauryl sulfate (SLS). Walaupun hal ini belum terbukti secara ilmiah, Anda bisa mencobanya dengan cara mencuci muka menggunakan air beras sebanyak 2 kali sehari.

Menghilangkan bintik hitam

Air beras dapat membantu menghilangkan bintik hitam pada wajah. Kandungan vitamin E di dalamnya dipercaya mampu memudarkan memudarkan pigmentasi pada kulit. Namun, manfaat ini masih perlu penelitian lebih lanjut.

Mencegah penuaan dini

Mencuci wajah dengan air beras diyakini dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan. Kandungan antioksidan dalam air beras diketahui mampu menghambat aktivitas elastase, enzim yang dapat merusak elastisitas kulit. Karena itu air beras bisa mencegah proses penuaan dini. Meskipun begitu, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk membuktikan hal tersebut.

Mengatasi jerawat

Pati yang terdapat dalam air beras diyakini mampu mengurangi masalah jerawat dan juga bermanfaat sebagai obat alami untuk mengatasi gangguan eksim atopik. Namun, butuh penelitian lebih lanjut guna memastikan manfaat ini.

Cara menyiapkan air beras untuk perawatan wajah

Ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk memperoleh air beras yang akan digunakan untuk perawatan wajah, yakni:

1. Merendam beras dengan air. Ini merupakan langkah yang paling mudah. Cuci ½ cangkir beras hingga bersih. Kemudian masukkan beras yang sudah bersih tersebut ke dalam mangkuk, lalu tambahkan 2-3 gelas air. Diamkan selama 30 menit, setelah itu saring beras dan pisahkan airnya ke dalam sebuah gelas atau botol bersih. Air beras siap digunakan. Jika Moms belum ingin memakainya, Anda bisa simpan di dalam lemari es. Air beras yang disimpan di kulkas bisa bertahan hingga 1 minggu.

2. Fermentasi beras. Caranya kurang lebih sama dengan merendam beras dengan air. Cuci ½ cangkir beras hingga bersih, lalu tambahkan 2-3 gelas air. Namun selanjutnya, rendam beras di tempat yang sejuk selama 2 hari untuk proses fermentasi. Setelah itu, aduk, saring, dan tampung air beras ke dalam gelas atau botol bersih. Anda juga bisa menyimpannya di lemari es.

3. Memasak beras. Ini sama halnya dengan proses menanak nasi. Cuci beras hingga bersih, kemudian masukkan ke dalam panci. Namun, tambahkan air 2 kali lipat dari takaran biasanya ketika Anda memasak nasi. Saat nasi dan air mendidih, saring air beras ke dalam mangkuk yang bersih. Setelah itu, dinginkan air beras.

Moms bisa taruh air beras ke dalam botol spray atau memakai bantuan kapas untuk mengoleskan air beras ke wajah Anda. (M&B/SW/Dok. Freepik)