FAMILY & LIFESTYLE

11 Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan dan Kesehatan Anda



Air mawar sudah sejak lama disebut sebagai air ajaib untuk perawatan kulit. Air mawar sendiri dibuat dengan cara menyuling kelopak bunga mawar dengan teknologi uap. Air hasil proses penyulingan ini disebut-sebut mampu menghidrasi dan menenangkan kulit, memiliki sifat antiseptik, antiinflamasi, dan antibakteri alami.

Tak heran jika air mawar sering digunakan sebagai salah satu bahan utama dalam berbagai produk kecantikan. Selain itu, air mawar juga punya segudang khasiat untuk Anda lho, Moms. Apa saja manfaatnya?

1. Menghidrasi rambut

Dikutip dari salah satu laman majalah Beauty & Lifestyle, menurut Dr. Tiffany Libby, ahli bedah kulit ternama di New York City, air mawar dapat memberikan hidrasi pada rambut Anda.

Caranya, cukup tambahkan beberapa tetes air mawar ke dalam sampo atau kondisioner untuk menambah kelembapan. Atau, Anda bisa langsung memilih sampo dan kondisioner yang mengandung ekstrak mawar di dalamnya.

2. Menenangkan iritasi kulit

Apakah Anda memiliki kondisi kulit eksim atau rosacea? Jika ya, air mawar bisa membantu menenangkan iritasi kulit yang disebabkan oleh kedua kondisi kulit tersebut. Berdasarkan artikel dalam Journal of Inflammation, sifat antiinflamasi yang dimiliki air mawar terbukti bisa membantu menenangkan iritasi karena eksim dan rosacea.

3. Menghidrasi dan menyegarkan kulit

Air mawar juga bisa menjaga keseimbangan pH kulit, memberikan kesegaran pada kulit, dan melembapkan kulit wajah Anda. Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, Moms cukup menjadikan air mawar sebagai face mist. Caranya, pindahkan air mawar ke botol spray, lalu aplikasikan secara langsung pada wajah untuk memberikan kesegaran dan kelembapan.

4. Mengurangi kemerahan pada kulit

Air mawar telah digunakan sebagai perawatan kulit selama ribuan tahun karena manfaatnya yang menakjubkan untuk kulit. Salah satunya adalah mengurangi kemerahan dan puffiness berkat sifat antiinflamasi di dalamnya, menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam Iranian Journal of Basic Medical Sciences.

5. Mencegah dan mengobati infeksi

Air mawar memiliki sifat antiseptik yang kuat, sehingga bisa membantu mencegah dan mengobati infeksi. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Ophthalmology and Eye Diseases menemukan bahwa air mawar yang digunakan dalam obat tetes mata membantu mengobati kondisi konjungtivitis, berkat sifat antiseptik dan analgesik di dalamnya.

6. Mengandung antioksidan

Air mawar mengandung sejumlah antioksidan kuat yang bisa membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan. Seperti ditunjukkan dalam studi berjudul Pharmacological Effects of Rosa Damascena, kandungan antioksidan dalam air mawar mampu menghambat peroksidasi lipid yang bisa memberikan perlindungan sel yang kuat untuk mencegah kerusakan.

7. Menyembuhkan luka, luka bakar, dan bekas luka

Sifat antiseptik dan antibakteri yang dimiliki air mawar diketahui bisa membantu menyembuhkan luka lebih cepat. Kedua sifat ini dapat membersihkan dan melawan infeksi pada luka dan luka bakar. Bahkan air mawar dapat mempercepat penyembuhan bekas luka.

8. Memiliki sifat antipenuaan

Kandungan ekstrak mawar sering ditemukan dalam produk perawatan kulit yang bertujuan untuk mengurangi tanda-tanda penuaan. Hal itu dikarenakan sifat antipenuaan dan antioksidan di dalamnya bisa mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit Anda, Moms.

9. Mengatasi masalah jerawat

Menurut Dr. Tiffany Libby, sifat antimikroba yang dimiliki air mawar bisa berfungsi sebagai pengobatan alami guna mengatasi masalah jerawat. Ia merekomendasikan untuk menggunakan serum yang sangat terkonsentrasi dengan air mawar yang memungkinkan penetrasi lebih baik di kulit sehingga akan membantu mengatasi masalah jerawat secara maksimal.

10. Meningkatkan suasana hati

Tak hanya sering digunakan dalam produk perawatan kulit, ekstrak mawar juga sering digunakan dalam begitu banyak wewangian karena aromanya yang harum dan khas. Aroma ini bahkan bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan suasana hati seseorang.

Sebuah studi menemukan bahwa ekstrak kelopak bunga mawar memiliki efek antidepresan dan antikecemasan, sehingga bisa meningkatkan suasana hati. Menurut Dr. Tiffany Libby, menghirup aroma air mawar diketahui dapat menurunkan jumlah kortisol atau hormon stres dalam tubuh yang akan bisa mengurangi stres dan membantu pikiran jadi lebih tenang dan rileks.

11. Meredakan sakit kepala

Moms juga bisa manfaatkan air mawar untuk membantu meredakan sakit kepala yang Anda alami. Air mawar dan minyak esensial mawar (rose essentials oil) yang digunakan sebagai aromaterapi dapat membantu meredakan sakit kepala. Ini karena adanya efek antidepresan dan antikecemasan yang dimiliki ekstrak mawar. Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Mashhad University of Medical Sciences menemukan bahwa air mawar diketahui mampu meredakan sakit kepala.

Itulah 11 manfaat air mawar untuk kecantikan dan kesehatan. Lalu, bagaimana cara menggunakannya, Moms? Anda bisa gunakan air mawar sebagai toner. Cukup tuang beberapa tetes air mawar ke kapas atau tangan, lalu aplikasikan ke wajah secara merata. Anda juga bisa mencampurkan beberapa tetes air mawar murni ke dalam teh. Bisa juga gunakan air mawar sebagai rose water mist, tinggal semprot ke wajah untuk memberi kesegaran dan kelembapan. Atau, Anda bisa menambahkan beberapa tetes air mawar atau minyak esensial mawar ke dalam diffuser untuk membantu meningkatkan suasana hati Anda. (M&B/Fariza Rahmadinna/SW/Foto: Karolina Grabowska/Pexels)