FAMILY & LIFESTYLE

Postpartum Glow



Sebuah studi baru menegaskan bahwa citra seorang pria semakin membaik ketika mereka telah menjadi ayah baru. Studi ini melibatkan 182 pria dewasa dengan usia rata-rata 26 tahun yang baru menikah dan memiliki anak. Para peneliti kemudian meminta para ayah muda itu memperlihatkan penampilan mereka, dari sebelum memiliki anak hingga menjadi ayah selama 2 tahun.
Para ayah tersebut diminta untuk menilai diri mereka sendiri pada skala 1 sampai 10. Hasilnya, hampir semua pria yang memiliki anak mengaku lebih percaya diri dan lebih baik dalam berpenampilan dibanding sebelum memiliki anak. Sementara pria yang tidak memiliki anak, tetap berpenampilan stabil, begitu pula dengan daya tariknya.
Alicia Cast, profesor ahli dari University of California-Santa Barbara, mengatakan, hampir semua orang mencintai keberadaan newborn. Hal itu membuat seseorang membentuk perilaku yang berbeda baik secara psikologi maupun secara fisik, meskipun dengan rasa lelah berlebih saat kehadiran newborn tersebut.
Ronald Rohner, profesor ahli dalam studi keluarga dari University of Connecticut pun menambahkan bahwa ada beberapa wanita dan pria yang mengalami depresi postpartum, tetapi ada pula yang beberapa orang mengalami kebahagiaan pasca-kelahiran Sang Bayi yang disebut postpartum glow. (Anggita/doc.M&B)