FAMILY & LIFESTYLE

Mudik dengan Transportasi Umum



Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Anda pasti sudah bersiap-siap untuk mudik ke kampung halaman mengunjungi sanak keluarga. Jika Anda mudik menggunakan transportasi umum, M&B memberikan beberapa tip agar perjalanan mudik bersama pasangan dan Si Kecil tetap aman, nyaman, dan menyenangkan.

Reservasi tiket
Jika Anda memilih menggunakan transportasi kereta api dan pesawat terbang untuk mudik, Anda bisa melakukan pemesanan tiket secara online agar tidak perlu repot mengantre di loket. Yakinkan akses internet Anda cukup lancar saat melakukan pemesanan. Bagi pengguna transportasi bus, Anda dapat memesan tiket di loket terminal besar terdekat dari lokasi tempat tinggal.

Lokasi peristirahatan bus
Jika Anda mudik menggunakan bus kelas eksekutif, biasanya perusahaan bus sudah menyediakan camilan dan air mineral. Bus akan berhenti di tempat-tempat peristirahatan dan restoran tertentu sepanjang perjalanan menuju kota tujuan. Penumpang pun diberikan waktu untuk menyantap makan siang atau makan malam serta rehat sejenak. Apabila perjalanan yang ditempuh cukup jauh, umumnya bus akan berhenti beberapa kali di tempat peristirahatan. Perlu diingat, tidak semua restoran menyajikan makanan yang bisa dikonsumsi Si Kecil. Karenanya, akan lebih baik kalau Anda sudah menyediakan persediaan makanan atau camilan untuknya.

Wajib dibawa
Saat mengajak Si Kecil melakukan perjalanan jauh, pastikan ia selalu nyaman. Hal itu berguna untuk menghindarinya dari sikap rewel karena bosan dan kelelahan. Sediakan jaket atau sweater, kaus kaki, selimut, dan bantal kecil untuknya. Bawa juga beberapa mainan favorit yang bisa dimainkan oleh Si Kecil supaya ia tidak bosan.

Persiapkan jemputan
Setibanya di kampung halaman, bila tidak ada kerabat yang menjemput, selain taksi, Anda bisa menggunakan kendaraan umum setempat. Anda bisa menanyakan ke bagian informasi di dalam area bandara, stasiun, atau terminal untuk mengetahui apa saja kendaraan umum yang bisa digunakan untuk sampai ke lokasi tujuan. Beberapa taksi biasanya tidak mau menggunakan argometer, jadi sebaiknya pastikan dulu apakah ia menggunakan argometer, atau tidak. Begitu pula dengan becak atau pedati, tanyakan secara jelas berapa tarif yang dikenakan. (DC/Sagar/DT/Dok. Freedigitalphotos)

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap seputar mudik, cek di Majalah Mother&Baby edisi Juli 2014 ya, Moms!