FAMILY & LIFESTYLE

7 Manfaat Manggis, Si Superfruit Kaya Nutrisi



Siapa pun pasti familiar dengan buah manggis dengan kulitnya yang tebal dan khas berwarna ungu gelap. Manggis juga memiliki biji yang ukurannya cukup besar jika dibandingkan dengan daging buahnya sendiri. Pohon dari buah tropis asli Indonesia ini biasanya tumbuh dan akan berbuah setelah berumur 8-10 tahun.

Tidak hanya rasanya yang manis dan menyegarkan, manggis diketahui kaya akan vitamin A, B6, B12, dan mineral seperti kalsium, kalium, fosfor, dan zinc. Tidak ketinggalan juga di dalamnya terkandung karbohidrat, protein, serat, dan lemak yang dibutuhkan tubuh. Lalu, apa saja manfaat manggis untuk tubuh? Keep on reading, Moms!

1. Menjaga sistem pencernaan

Secangkir (196 gram) manggis sudah mampu mencukupi 14 persen kebutuhan serat dalam tubuh Anda. Artinya, mengonsumsi manggis akan membuat sistem pencernaan Anda bekerja dengan baik. Dan jika Anda melakukan diet tinggi serat dengan mengonsumsi manggis, hal itu juga akan membantu meningkatkan keteraturan kinerja organ usus.

2. Mengontrol gula darah

Manggis mengandung zat bernama xanthone. Zat ini diketahui mampu mengontrol serta menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh. Resistensi insulin pun akan menurun apabila seseorang mengonsumsi manggis maupun ekstrak manggis sebanyak 400 mg. Hal ini membuktikan kalau buah tersebut bisa mengurangi risiko terjadinya diabetes.

3. Mencegah kanker

Sebagai sumber antioksidan, manggis juga mampu menurunkan risiko tumbuhnya sel kanker dalam tubuh. Antioksidan sendiri merupakan senyawa yang bisa membantu memperbaiki sel yang rusak akibat paparan radikal bebas. Antioksidan juga bisa membantu penyerapan vitamin C, sehingga daya tahan tubuh pun akan ikut meningkat.

4. Meredakan peradangan

Tidak hanya antioksidan, manggis juga memiliki sifat antiinflamasi yang bisa meredakan rasa nyeri pada persendian ataupun organ tubuh lain yang mengalami peradangan. Adanya sifat anti bakteri pada manggis juga bisa menyeimbangkan mikroba tubuh dan membantu memperkuat sistem imunitas.

5. Membantu menurunkan berat badan

Apabila Anda rutin mengonsumsi manggis, maka BMI atau Indeks Massa Tubuh bisa mengalami penurunan yang signifikan. Metabolisme tubuh juga akan meningkat, sehingga bisa mencegah penambahan berat badan. Hal ini juga berarti tidak terjadi penumpukan lemak yang bisa menjadi pemicu timbulnya penyakit jantung ataupun tingginya kadar kolesterol dalam tubuh.

6. Menjaga kesehatan kulit

Paparan sinar matahari bisa menjadi pemicu munculnya tanda-tanda penuaan dini hingga kanker kulit. Manggis mampu menjadi pelindung kulit dari radiasi ultraviolet B (UVB). Jadi, tanda-tanda penuaan dini seperti munculnya flek hitam, keriput, hingga kulit menjadi kusam bisa teratasi berkat mengonsumsi buah ataupun ekstrak manggis.

7. Baik untuk ibu hamil

Selain nutrisi di atas, manggis juga diketahui tinggi akan asam folat, zat yang mampu mencegah terjadinya kelainan saraf pada calon bayi. Karena itu, ibu hamil maupun yang sedang merencanakan kehamilan disarankan untuk mengonsumsi manggis secara rutin. Selain itu, kandungan serat pada manggis juga akan membantu mengatasi masalah pencernaan, seperti sembelit, pada ibu hamil.

Selain rendah kalori, kombinasi rasa masam dan manis dari manggis tentu akan sangat menyegarkan. Moms bisa mengonsumsinya langsung atau bahkan dijadikan sorbet untuk meredakan gerah saat cuaca panas. Jadi, mulai kini rutin mengonsumsi manggis yuk, Moms! (M&B/Vonia Lucky/SW/Foto: Suksao/Freepik)