FAMILY & LIFESTYLE

Ini Manfaat Minum Teh Hijau Sebelum Tidur



Teh sudah menjadi minuman favorit banyak orang di Indonesia. Dari berbagai jenis teh yang ada, salah satu yang terkenal dan sering dikonsumsi adalah teh hijau atau green tea. Selain nikmat diminum, teh hijau dikenal punya segudang khasiat untuk kesehatan tubuh, salah satunya saat dikonsumsi sebelum tidur.

Ya, minum teh hijau sebelum tidur punya sejumlah manfaat untuk tubuh, sehingga banyak orang yang menjadikan ini sebagai rutinitas mereka. Namun, sebelum Anda mengetahui manfaat minum teh hijau sebelum tidur, ketahui terlebih dulu kandungan yang ada dalam teh hijau berikut ini.

Kandungan teh hijau

Teh hijau berasal dari daun tumbuhan Camellia sinensis atau biasa dikenal dengan tanaman teh. Camellia sinensis sebenarnya tidak hanya menjadi bahan utama pembuatan teh hijau, tapi beberapa jenis teh lain, seperti teh hitam, teh putih, dan teh oolong. Tanaman ini mengandung 4 jenis katekin, yaitu epigallocatechin gallate (EGCG), epigallocatechin (EGC), epicatechin gallate (ECG), dan epicatechin (EC).

Katekin sendiri merupakan kandungan yang memberikan rasa pahit dan senyawa bioaktif yang berperan sebagai antioksidan. Manfaatnya mulai dari menurunkan kadar stres, meningkatkan kekebalan tubuh, hingga mencegah kanker. Selain itu, teh hijau mengandung kafein dan asam amino.

Manfaat minum teh hijau sebelum tidur

Teh hijau sering menjadi minuman pengantar tidur buat sebagian orang. Berikut ini manfaat minum teh hijau sebelum tidur.

1. Meningkatkan kualitas tidur

Ini adalah salah satu manfaat utama yang Moms dapatkan jika minum teh hijau sebelum tidur. Ini karena senyawa theanine di dalam teh hijau bisa mengurangi produksi hormon kortisol, yang dapat memicu stres dan meningkatkan stimulus pada otak, sehingga tidur Anda pun jadi lebih berkualitas.

2. Menjaga imunitas tubuh

Minum teh hijau sebelum tidur juga bisa membantu menjaga imun tubuh Anda. Seperti sudah disebutkan, teh hijau mengandung epigallocatechin gallate (EGCG) yang mampu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi.

3. Mendukung fungsi otak

Senyawa kafein dan theanine pada teh hijau dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi pada otak. Sementara itu, kandungan antioksidan di dalam teh hijau dapat meningkatkan kemampuan kognitif, bahkan setelah Anda terlelap.

4. Mengoptimalkan fungsi jantung

Minum teh hijau sebelum tidur juga bisa membantu mengoptimalkan fungsi jantung. Ini karena kandungan di dalam teh hijau dapat mengurangi tingkat kolesterol di dalam darah, melawan peradangan, dan mencegah kerusakan sel, sehingga pembuluh darah bisa bekerja lebih optimal dan jantung pun tetap sehat.

5. Menyehatkan kulit dan rambut

Anda yang sedang merawat kesehatan kulit dan rambut bisa mencoba minum teh hijau sebelum tidur. Senyawa katekin pada teh hijau mampu memberikan efek antipenuaan dan membantu mengatasi jerawat.

6. Menjaga kesehatan mental

Teh dikenal sebagai minuman yang membuat tubuh dan pikiran jadi lebih rileks. Namun, bukan cuma itu, senyawa theanine dan kafein di dalam teh juga bisa menghilangkan bad mood secara efektif, sehingga Anda terhindar dari gangguan mental seperti depresi.

Eits, walaupun minum teh hijau sebelum tidur punya banyak manfaat, Moms juga harus tahu efek sampingnya jika hal ini menjadi rutinitas setiap hari. Seperti diketahui, teh hijau mengandung kafein yang bersifat stimulan dan diuretik. Nah, jika dikonsumsi berlebihan, teh hijau bisa membuat asam lambung Anda naik dan Anda juga lebih sering buang air kecil. Jadi, meskipun teh hijau punya banyak manfaat, harus tetap diimbangi dengan minum air putih ya, Moms. (M&B/Gianti Puteri/SW/Foto: Freepik)