FAMILY & LIFESTYLE

Idealnya, Keramas Berapa Kali Seminggu? Ini Jawabannya, Moms



Keramas merupakan aktivitas yang penting dan wajib kita lakukan untuk merawat dan membersihkan rambut kita. Kegiatan ini mampu menghilangkan debu, keringat, dan semua kotoran yang menempel pada rambut. Sebagian dari kita mungkin ada yang keramas setiap hari untuk menjaga rambut tetap bersih. Namun, apakah keramas setiap hari menyehatkan untuk rambut? Nah, untuk mengetahuinya, simak penjelasannya berikut ini, Moms!

Perlu keramas berapa kali seminggu?

Walaupun keramas merupakan hal yang penting sebagai bentuk merawat dan menjaga kebersihan rambut, sebenarnya aktivitas ini tidak harus dilakukan setiap hari lho, Moms. Ada beberapa faktor yang memengaruhi seberapa sering Anda harus keramas, yakni:

1. Minyak pada rambut

Minyak merupakan salah satu penyebab utama rambut menjadi kotor. Hal ini dikarenakan minyak bisa membuat rambut jadi lepek, terlalu lemas, dan menggumpal. Sebenarnya, minyak pada rambut juga dipengaruhi oleh sejumlah faktor, seperti udara, lingkungan, genetik, dan jenis kelamin. Namun, jangan terlalu khawatir, Moms. Kadar minyak di rambut tidak selalu konsisten, kok.

2. Keringat berlebih

Keringat sudah pasti sangat memengaruhi kelembapan di bagian kepala dan rambut. Nah, hal ini membuat Anda jadi lebih sering keramas, karena selain membuat rambut terlihat kotor, keringat juga membuat kulit kepala jadi gatal.

Baca juga: Rambut Bau Apek, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

3. Jenis rambut

Jenis rambut juga akan berpengaruh terhadap seberapa sering Anda keramas. Pada rambut tebal, produksi minyak di rambut tentu akan lebih banyak. Hal ini bisa membuat rambut lebih cepat lepek, kotor, dan memicu keringat lebih banyak. Inilah yang membuat Anda perlu lebih sering keramas. Adapun Anda pemilik rambut tipis, sebaiknya keramas 2-3 kali dalam seminggu. Ini karena rambut lebih halus dan cenderung menyerap minyak. Keramas terlalu sering justru akan menyebabkan rambut rentan mengalami kerontokan.

4. Penggunaan produk penataan rambut

Penggunaan produk penataan rambut akan berpengaruh pada kesehatan rambut, contohnya pomade rambut. Pomade rambut yang digunakan dalam jangka waktu panjang akan menyebabkan penumpukan di kulit kepala dan mengakibatkan kerusakan pada rambut. Nah, jika Anda menggunakan produk penataan rambut setiap hari, Anda juga harus lebih sering keramas untuk menjaga kebersihan dan kesehatan rambut.

Bahaya keramas terlalu sering

Sampo memang berfungsi untuk membersihkan kulit kepala dan rambut. Namun, pemakaian sampo yang berlebihan dan terlalu sering justru bisa membuat rambut jadi tidak sehat dan bahkan rusak. Selain itu, sampo bisa menghilangkan minyak alami yang ada di kulit kepala. Kehilangan minyak alami di kulit kepala bisa menyebabkan kulit kepala Anda kering hingga iritasi. Tak hanya itu, terlalu sering keramas juga akan membuat rambut rapuh dan memicu kerontokan.

Jadi, sebenarnya tidak ada aturan khusus soal seberapa sering Anda harus keramas dalam seminggu. Namun, sebaiknya disesuaikan dengan kondisi kesehatan rambut, lingkungan, dan aktivitas fisik yang Anda lakukan sehari-hari. Jika Anda memiliki aktivitas berlebih di luar ruangan, Anda bisa keramas setiap hari. Namun, jika aktivitas Anda tidak terlalu banyak dan kondisi rambut Anda normal, keramas bisa Anda lakukan dua hari sekali. (M&B/Gianti Puteri/SW/Foto: Freepik)