Type Keyword(s) to Search
FAMILY & LIFESTYLE

Rambut Bau Apek, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Rambut Bau Apek, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Masalah pada rambut merupakan permasalahan yang kerap dikeluhkan banyak orang, salah satunya adalah rambut bau apek. Tentunya, masalah ini bisa menurunkan kepercayaan diri Anda, terlebih saat harus berada di tempat umum.

Penyebab rambut bau apek

Rambut bau apek bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya kulit kepala berminyak. Selain itu, ada beberapa penyebab lain yang bisa membuat rambut bau apek, yakni:

1. Keringat berlebihan sehabis berolahraga

Penyebab rambut bau apek yang paling umum adalah keringat berlebihan, terutama sehabis berolahraga. Seperti diketahui, keringat yang dikeluarkan saat olahraga menghasilkan beragam bakteri dan itu bisa menumpuk di kulit kepala. Jika dibiarkan dan tak segera dibersihkan, hal ini bisa menyebabkan rambut menjadi bau apek

2. Memakai topi atau pelindung kepala yang kotor

Tujuan utama memakai topi atau pelindung kepala adalah untuk menghindari panasnya sinar matahari agar tak mengenai wajah, rambut, maupun pandangan. Namun, pada saat yang sama, penggunaan topi juga bisa membuat kulit kepala jadi lebih panas daripada biasanya karena sirkulasi udara jadi tidak lancar dan terhambat. Sirkulasi yang tidak lancar inilah yang bisa menyebabkan kulit kepala jadi lebih berminyak dan membuat rambut bau apek.

Selain itu, memakai topi atau pelindung kepala yang kotor juga bisa menyebabkan penumpukan bakteri yang juga bisa menimbulkan bau tidak sedap pada rambut.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan topi atau pelindung kepala sebelum Anda menggunakannya dan lepas topi atau penutup kepala Anda sesekali untuk melancarkan sirkulasi di kulit kepala.

3. Seborrheic dermatitis

Rambut bau apek juga bisa disebabkan oleh penyakit seborrheic dermatitis.  Penyakit ini juga dikenal sebagai penyebab utama munculnya ketombe di kulit kepala. Seborrheic dermatitis terjadi saat kulit kepala teriritasi jamur Malassezia globosa.

Kulit kepala yang terinfeksi oleh jamur ini akan memproduksi sel-sel kulit mati secara berlebihan dan cepat. Sel-sel kulit mati inilah–mirip seperti ketombe–yang bisa menyebabkan rambut bau apek.

4. Perubahan hormon

Perubahan hormon merupakan salah satu penyebab alami dan umum rambut bau apek, misalnya di masa kehamilan atau masa pubertas. Perubahan hormon akan memicu produksi minyak berlebih di kulit kepala dan menyebabkan rambut bau apek.

Selain itu, kondisi kronis seperti sindrom polikistik ovarium (polycystic ovarian syndrome/POCS) juga bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh yang membuat rambut bau apek.

5. Polutan di udara

Beberapa polutan–bisa berasal dari asap kendaraan bermotor, asap pabrik, asap rokok, dan asap lainnya–bisa menempel pada rambut dan kulit kepala Anda. Jika tidak segera dibersihkan, lama-kelamaan akan menyebabkan penumpukan bakteri di kulit kepala. Inilah yang bisa menyebabkan rambut bau apek dan lengket.

Cara mengatasi rambut bau apek

Untuk mengatasi masalah rambut bau apek, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini, Moms.

1. Rutin membersihkan rambut dan kulit kepala

Menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala adalah cara utama untuk mengatasi masalah rambut bau apek. Gunakan sampo dengan bahan aktif seperti coal tar, ketoconazole, selenium sulphide, asam salisilat, dan zink piritione yang mampu menghilangkan bau apek sekaligus membuat rambut jadi segar, bersih, dan harum.

2. Memakai essential oil

Essential oil dikenal memiliki sifat antimikroba tinggi yang akan membantu mengatasi masalah kulit kepala seperti seborrheic dermatitis yang bisa membuat rambut beraroma tidak sedap.

Anda hanya cukup mencampurkan kurang lebih 10 tetes essential oil pada sampo yang biasa Anda gunakan. Pijat kulit kepala secara lembut hingga sampo dan essential oil merata ke seluruh kulit kepala, lalu diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, bilas rambut hingga benar-benar bersih. Gunakan cara ini secara rutin dan teratur untuk menjaga rambut tetap bersih, segar, dan harum.

3. Memakai cuka sari apel

Cuka sari apel adalah bahan alami yang bisa Anda pakai untuk mengatasi rambut bau apek. Faktanya, cuka sari apel punya sifat antibakteri tinggi yang akan membantu menghilangkan bakteri di kulit kepala. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari masalah bau apek pada kulit kepala.

4. Memakai lemon

Lemon juga bisa menjadi bahan alami lainnya untuk mengatasi masalah rambut bau apek. Sama halnya dengan cuka sari apel, lemon juga memiliki sifat antibakteri tinggi yang bisa membantu mengurangi pertumbuhan bakteri penyebab bau pada rambut.

Moms cukup peras sedikit air lemon, lalu oleskan secara merata di kulit kepala Anda. Diamkan selama beberapa menit dan bilas hingga bersih.

5. Memakai lidah buaya

Satu lagi bahan alami yang ampuh mengatasi masalah rambut bau apek yang disebabkan oleh seborrheic dermatitis adalah lidah buaya. Kandungan antiseptic dan antiinflamasinya yang tinggi dipercaya mampu melawan bakteri penyebab rambut bau apek.

Anda hanya tinggal mengoleskan lidah buaya secara merata ke rambut sembari dipijat-pijat lembut. Diamkan selama beberapa menit lalu bilas rambut hingga bersih.

Baca Juga: 10 Cara Ampuh untuk Menghilangkan Ketombe di Rambut

Itulah beberapa penyebab rambut bau apek dan cara untuk mengatasi masalah ini. Semoga bermanfaat! (M&B/Calvin/ZA/SW/Foto: 8photo/Freepik)