TODDLER

4 Faktor Fisik Tumbuh-Kembang Si Kecil

tumbuh kembang balita


Agar Si Kecil dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, Anda perlu memperhatikan faktor-faktor fisik yang memengaruhinya. Berikut 4 faktor fisik yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

1. Makanan
Nutrisi sehat yang cukup sangat dibutuhkan Si Kecil agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Asupan ini tak hanya memengaruhi pertumbuhan tinggi dan berat badan Si Kecil, tetapi juga kegiatan harian yang dapat dilakukannya, serta kemampuan tubuhnya dalam memanfaatkan kalori. Jadi, selalu berikan ia makanan bergizi dan aman!

2. Sentuhan
Belaian dan pelukan Anda untuk Si Kecil tak hanya dapat membuatnya merasa tenang dan nyaman, tetapi juga berguna untuk menstimulasi otaknya selama masa pertumbuhan.

3. Pengalaman Traumatis
Jangan pernah membuat Si Kecil mengalami pengalaman yang traumatis, seperti pengalaman ketika dirinya merasa ditelantarkan oleh Anda. Hal itu hanya akan menimbulkan efek negatif bagi Si Kecil. Perkembangannya pun akan terhambat dan ia harus berjuang lebih keras untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan saat harus masuk sekolah di kemudian hari.

4. Aktivitas Fisik
Melakukan kegiatan fisik secara rutin penting untuk pertumbuhan tulang Si Kecil dan mencegahnya dari risiko obesitas. Kegiatan tersebut juga penting untuk mendukung perkembangan fisiknya agar menjadi sehat dan kuat. (Dina/dok.M&B)