FAMILY & LIFESTYLE

Wanita Stres Berisiko Sakit Jantung



Apakah Anda sering mengalami stres? Jika iya, Anda perlu berhati-hati, Moms. Pasalnya, studi terbaru dari Duke University Medical Center in North Carolina, AS, mengungkapkan wanita yang mengalami stres di bawah usia 50 tahun berisiko lebih besar terkena masalah jantung, yaitu salah satu penyebab kematian terbesar di dunia, dibandingkan dengan pria.

Dilansir melalui Dailymail, banyak wanita yang stres mengalami penurunan aliran darah ke jantung serta menunjukkan tanda-tanda awal pembekuan darah. Pembekuan darah inilah yang akan menutup pembuluh darah sehingga akan menimbulkan serangan jantung.

Studi ini memeriksa 56 wanita dan 254 pria yang didiagnosis mengalami masalah jantung. Setelah mengikuti serangkaian tes, perubahan tekanan darah dan detak jantung pada wanita saat merespons stres lebih berpotensial mengancam keselamatan jiwa. Selain itu dilaporkan, wanita menghasilkan emosi negatif yang tinggi ketika stres melanda. Jadi, sebaiknya hindari gaya hidup tidak sehat, seperti merokok, minum minuman beralkohol, dan makan berlebihan, yang dapat memicu stres. (Sagar/DT/Dok. Freedigitalphotos)