FAMILY & LIFESTYLE

Rawat Kamar Agar Dapat Tidur Nyenyak



Sejak kecil kita sudah dibiasakan untuk membersihkan kamar tidur. Walaupun kegiatan ini tidak menyenangkan dan rasanya sangat malas sekali mengerjakannya, kamar tidur yang rapi akan membuat Anda mendapatkan tidur yang lebih nyenyak dan berkualitas. Dilansir melalui Huffingtonpost, dengan rajin membersihkan kamar, Anda pun akan terhindari dari debu, bakteri, serta hal lain yang dapat mengganggu tidur Anda. Yuk, ikuti 7 tips merawat dan membersihkan kamar tidur berikut.

Rapikan yang Berantakan
Kekacauan di dalam kamar tidur Anda dapat membuat stres dan berdampak pada tidur. Jadi, hal pertama yang perlu Anda lakukan agar kamar lebih bersih adalah merapikan dan membuang benda-benda yang tidak diperlukan. Sambil melakukan ini Anda pun bisa melihat debu yang sebelumnya tidak terlihat oleh mata.

1. Bersihkan Debu
Tungau debu dapat menyebabkan Anda mengalami alergi dan asma. Jika Anda terus-terusan memelihara debu di dalam kamar tidur, Anda akan mengundang gejala-gejala alergi menyerang Anda, yang nantinya memengaruhi kualitas tidur. Bersihkan debu menggunakan vacuum cleaner dan lakukanlah seminggu sekali.

2. Perhatikan Karpet
Melapisi lantai kamar tidur dengan karpet memang membuat kaki Anda terasa nyaman. Meski begitu, karpet juga dapat menjadi sarang debu serta kotoran. Sebaiknya bersihkan secara rutin setiap minggu menggunakan vacuum cleaner lalu cuci karpet Anda sekali dalam sebulan.

3. Jauhkan Hewan Peliharaan
Selucu-lucunya kucing atau anjing peliharaan Anda, mereka dapat menjadi pemicu alergi dan asma. Karenanya, sebisa mungkin jangan biarkan hewan kesayangan Anda bermain, terutama tidur di dalam kamar Anda.

4. Gunakan Deterjen Ramah Lingkungan
Kebanyakan pembersih dan deterjen mengandung bahan kimia. Meski begitu, ada beberapa produk ramah lingkungan yang bisa Anda pilih untuk membersihkan kamar, seprai, sarung bantal, serta selimut Anda.

5. Bersihkan Tempat Tidur Secara Rutin
Ternyata rajin membersihkan tempat tidur dapat membersihkan tempat tidur bekas keringat yang menempel pada seprai. Dengan tempat tidur yang bersih, Anda pun tidur lebih nyenyak.

6. Jangan Beraktivitas di Kamar Tidur
Otak kita mengasosiasikan tempat tidur dengan rasa lelah. Jadi, apabila Anda sering melakukan kegiatan di tempat tidur, otak akan lupa fungsi utama dari tempat tidur. Itulah mengapa Anda menjadi sulit untuk tidur. Oleh sebab itu, untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, kurangi kegiatan di kamar tidur dan hanya berbaring saat Anda akan tidur atau ketika lelah dan sakit. (Sagar/DT/Dok. Freedigitalphotos)