FAMILY & LIFESTYLE

Pembangunan Taman Layak Anak Terus Digalakkan



Anak-anak memang membutuhkan ruangan bermain terbuka yang luas dan lapang. Taman dipercaya mampu menumbuhkan rasa bahagia dan keceriaan, khususnya bagi anak-anak. Untuk itu, keberadaan taman-taman, khususnya di kota besar seperti Jakarta perlu dijaga kebersihan dan kelestariannya.

Agar anak-anak mendapatkan kehidupan yang sehat dan nyaman, pemerintah provinsi DKI Jakarta saat ini tengah membangun sebuah program, yaitu Kota Layak Anak, di mana salah satu tujuannya yaitu agar anak merasa nyaman bermain di taman atau lahan terbuka. Sebanyak 6 taman yang layak anak akan dibangun di wilayah DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu, dengan memanfaatkan metode CSR (corporate social responsibility).

Setelah beberapa waktu lalu sempat meresmikan Taman Kahfi yang berada di daerah Jakarta Selatan, kini Ketua Tim Penggerak PKK DKI Jakarta, Veronica Tan, kembali meresmikan taman layak anak di daerah Cakung, Jakarta Timur.

(BACA JUGA: Pentingnya Taman Bermain)

“Kami harap berdirinya Taman Ceria Merries ini menjadi taman yang nyaman bagi anak yang tinggal di Rumah Susun Albo Cakung Barat ini. Daripada harus pergi ke mall atau pusat perbelanjaan. Diharapkan taman ini bukan cuma memberi manfaat bagi anak, tetapi juga para ibu untuk melakukan kegiatan yang lebih positif dan produktif,” ungkap istri dari gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama itu, dalam peresmian Taman Ceria Merries bersama PT Kao Indonesia, siang (28/01) tadi.

Ia menambahkan, perawatan taman-taman yang telah dibangun ini tentu juga memerlukan tanggung jawab dari berbagai pihak, termasuk masyarakat pun juga harus ikut mendukung. Ibu 3 anak ini juga mengingatkan akan pentingnya kesadaran personal untuk dapat menjaga kebersihan dan kesehatan diri sendiri dan keluarga.

“Peran serta orangtua khususnya ibu itu sangat penting pada masa pertumbuhan anak. Semua dimulai dari rumah. Maka, ibu berperan penting dalam mendidik anak-anaknya soal kesehatan. Membiasakan pola hidup yang sehat di rumah, termasuk memerhatikan kebersihan di rumah dan kecukupan gizi bagi anak,” tambahnya. (Aulia/DT/dok.M&B)