FAMILY & LIFESTYLE

Suhu Terlalu Panas Picu SIDS Pada Bayi



Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) atau kematian mendadak pada bayi bisa dipicu banyak hal, salah satunya adalah overheating atau suhu tubuh yang terlalu panas. Karena itu, Anda harus perhatikan pakaian dan selimut yang dikenakan si kecil saat tidur, sekali pun ketika hujan atau cuaca dingin.

Dr. Alan Guttmacher, direktur National Institute of Child Health and Human Development (NICHD) mengatakan, bayi sangat sensitif dengan temperatur yang ekstrim dan suhu pengaturan tubuh mereka belum sempurna. Karena itu pemakaian selimut yang sangat tebal dan ruangan yang hangat bisa memicu tubuh Si Kecil menjadi terlalu panas dan ini bisa memicu SIDS.

“Orangtua dan pengasuh harus memerhatikan pakaian yang dipakai Si Kecil ketika tidur. Pilih pakaian yang nyaman dan biarkan ruangan dalam suhu yang nyaman untuk orang dewasa. Satu hal lagi, cara efektif untuk mencegah SIDS adalah menjaga agar posisi tidurnya selalu telentang baik saat tidur siang maupun malam. Selain itu pastikan kasur yang ia tiduri empuk, boks Si Kecil kosong tanpa banyak bantal atau mainan, dan tidak ada asap rokok di sekitar Si Kecil,” jelasnya. (LD/Aulia/dok.M&B)