BUMP TO BIRTH

Menyusui Bayi Prematur



Bayi prematur tak hanya membutuhkan perawatan sehari-hari yang lebih ‘istimewa’, tetapi juga proses menyusui yang membutuhkan penanganan khusus. American Academy of Pediatrics (AAP) menjelaskan, ada 5 hal yang perlu Anda ketahui seputar pemberian ASI kepada bayi prematur.

1. Studi menunjukkan, ASI ibu dari bayi prematur kaya protein dan kandungan lemak pada minggu-minggu pertama berbeda dengan kandungan lemak pada minggu berikutnya. Kondisi tersebut sangat membantu bayi prematur melewati minggu-minggu pertama yang berat.

2. Kondisi kesehatan bayi prematur biasanya tak memungkinkan untuknya langsung berada di lingkungan biasa. Umumnya, bayi prematur akan dirawat di ruang NICU terlebih dahulu. Meski begitu, katakan kepada dokter dan suster agar ASI Anda dapat diberikan kepada bayi. Atau jika kondisi bayi Anda tidak memungkinkan, Anda masih bisa memerah ASI untuk diberikan kepada Si Kecil.

3. Terkadang dokter memberi susu formula khusus bayi prematur. ASI adalah makanan terbaik bagi bayi prematur karena mudah dicerna. Namun terkadang dokter dan suster memberi susu formula untuk mengoptimalkan asupan kalori. Katakan kepada mereka bahwa Anda berniat memberikan ASI eksklusif dan teruslah usahakan untuk memompa setiap 2 hingga 3 jam demi menjaga produksi ASI Anda.

4. Begitu Si Kecil pulang ke rumah, mungkin Anda akan kesulitan saat memberikannya ASI. Untuk mengatasinya, sebelum Anda meninggalkan rumah sakit, berkonsultasilah dengan dokter seputar teknik menyusui dan datang ke klinik laktasi. Para ahli laktasi mungkin akan menyarankan Anda menggunakan alat bantu menyusui. Jangan cepat menyerah karena percayalah, perlahan-lahan, bayi akan semakin mahir menyusu.

5. Jangan sungkan untuk meminta dukungan kepada orang-orang terdekat agar Anda sukses memberi ASI eksklusif kepada Si Kecil.

(OCH/ Dok.MBUK)