TODDLER

Susu Kedelai Buat Anak Laki-laki Menjadi Feminin?



Susu kedelai merupakan salah satu jenis susu yang dapat dikonsumsi oleh anak-anak yang alergi terhadap susu sapi. Selain itu, jenis susu seperti susu beras, susu kacang hijau dan susu kacang merah juga dapat dikonsumsi sebagai pengganti susu sapi. Kendati demikian, ada rumor yang menyebutkan bahwa susu soya dapat menyebabkan anak laki-laki menjadi feminin. Benarkah?

Susu kedelai memang mengandung isoflavon yang serupa dengan hormon estrogen pada wanita (hormon seksual). Namun, sebenarnya hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan karena kandungan isoflavon pada kedelai hanya sekitar 100–300 mg dan masih dalam batas konsumsi minimal, khususnya untuk kaum pria. Jadi, susu kedelai tidak menyebabkan anak laki-laki feminin.

Selain itu, isoflavon juga mempunyai banyak manfaat, salah satunya sebagai senyawa antioksidan yang berperan penting untuk mencegah terjadinya penyakit degeneratif. Susu kedelai aman dikonsumsi oleh anak-anak sejak usia 1 tahun ke atas. Jangan takut untuk memberikan susu kedelai pada Si Kecil, asal jumlahnya tepat dan sesuai dengan umur. (M&B/Sagar/DT/Dok. Livestrong)