FAMILY & LIFESTYLE

Asupan Diet untuk New Moms



Berbagai penelitian menunjukkan, mengonsumsi susu low-fat dan makanan yang terbuat dari gandum, baik roti maupun sereal, sangat membantu untuk menurunkan berat badan. Anda juga harus rajin makan buah-buahan dan sayuran agar sistem pencernaan lancar. Selain itu, jangan pernah lupa minum air putih minimal 8-9 gelas setiap hari.

“Diet dengan menjaga asupan makanan boleh dilakukan, tetapi sebaiknya tidak berlebihan dan harus dilaksanakan dengan cermat. Contohnya, kalau biasanya Anda mengonsumsi makanan yang digoreng, segera ganti dengan rebusan. Hal itu akan mengurangi konsumsi lemak jenuh yang memang tidak boleh terlalu banyak masuk ke dalam tubuh. Kurangi pula konsumsi makanan manis, karena sebenarnya tubuh kita tidak memerlukan semua itu. Dengan menjaga pola makan yang baik dan mengurangi makanan yang tidak perlu, berat badan pun akan lebih cepat turunnya,” tegas dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, Sp.GK.

Ketika melakukan diet, kebanyakan orang fokus untuk tidak mengonsumsi lemak. Padahal, lemak juga sumber nutrisi yang baik bagi tubuh. Yang perlu dilakukan sebenarnya bukan menghilangkan lemak sama sekali dari daftar makanan, tetapi Anda harus lebih selektif dalam mengonsumsinya. Pilihlah makanan yang mengandung ‘lemak baik’, bukan ‘lemak jahat’. Sumber makanan yang mengandung lemak baik, di antaranya canola oil, olive oil, alpukat, biji-bijian, dan lemak ikan salmon. Jika Anda ingin membeli makanan di supermarket, perhatikan komposisi gizinya agar bisa menentukan apakah makanan itu sehat atau tidak bagi Anda. (Tammy/DC/Dok M&B UK).