FAMILY & LIFESTYLE

Menggunakan Gadget Bersamaan, Menurunkan IQ



Pada umumnya saat menonton televisi dan tayangan iklan muncul, seseorang akan segera sibuk bermain dengan handphone atau tablet sembari menunggu film kesukaannya kembali diputar. Jika Anda tipe orang yang seperti itu, mulailah hilangkan kebiasaan tersebut. Pasalnya, para ilmuwan memperingatkan bahwa menggunakan beberapa gadget dalam waktu yang bersamaan berdampak buruk bagi otak Anda.

Ketika Anda fokus terhadap satu tugas dan menerima informasi secara baik, ini akan tersimpan di hippocampus, yaitu 'perpustakaan di dalam otak' yang membuat data menjadi terorganisasi, terkategorisasi, dan mudah diingat kembali. Namun, ketika Anda menggunakan gadget secara bergantian dalam satu waktu, informasi akan dikirim ke striatum, bagian otak yang lain. Menurut ilmuwan dari University of Copenhagen, Denmark, area ini berfungsi untuk membuat gerakan perencanaan dan motivasi, sehingga informasi yang diterima pun akan sulit diingat.

Dilansir dari sumber Daily Mail, mereka menambahkan penggunaan beberapa gadget dalam waktu yang bersamaan ini bisa merusak otak dan menurunkan IQ. Penemuan ini menjadi alarm bagi seluruh orang yang rutin menonton televisi sambil mencek media sosial atau mengirim email dari peralatan gadget mereka. Sebab, faktanya lebih dari 80 persen pengguna handphone melakukan hal ini. (Sagar/DT/Dok. Daily Mail)