FAMILY & LIFESTYLE

Nutrisi Pada Tahu



Anda penggemar tahu? Pertahankan jika iya. Karena tahu yang merupakan makanan berbahan dasar kedelai ini, ternyata memiliki begitu banyak nutrisi yang berguna bagi tubuh. Berikut nutrisi apa saja yang terkandung di dalam tahu:

Kaya Protein
Tiap 100 gram tahu mengandung hingga 10,9 gram protein yang memenuhi 18 persen kebutuhan tubuh akan protein.

Kalsium
Kalsium pada tahu dapat memenuhi 10 persen kebutuhan tubuh akan kalsium, yang dapat mencegah penyakit yang berhubungan dengan tulang. Penelitian terakhir bahkan menyebutkan bahwa isoflavon dalam tahu dapat memperkuat kepadatan tulang.

Bebas Kolesterol
Tidak seperti sumber protein lainnya, tahu memiliki kandungan lemak jenuh rendah dan bebas kolesterol.

Sumber Energi
Tahu merupakan sumber zat besi yang baik. Zat besi dalam tahu ini bersatu dengan hemoglobin di dalam tubuh yang membantu proses perputaran dan pelepasan oksigen ke seluruh tubuh yang kemudian menghasilkan energi baru. Per 100 gram tahu mengandung 80 kkal energi, menyediakan 30 persen dari yang dibutuhkan tubuh per hari.

Tips:
Agar mendapatkan khasiat tahu yang optimal, Anda juga perlu mengetahui cara cermat menyimpan tahu. Pastikan tahu yang Anda pilih masih segar. Ciri-ciri tahu yang masih segar adalah: tidak berbau dan tidak asam. Pastikan segera mencucinya sesampai di rumah, dan simpan di lemari pendingin dalam wadah yang telah diberi air agar dapat bertahan hingga sekitar 1 minggu. Sedangkan untuk tahu sutra, umumnya sudah terkemas dengan baik, jadi sebaiknya langsung dihabiskan setelah membuka kemasannya.

(Tammy/DT/Dok. Freedigitalphotos)