BUMP TO BIRTH

Bayi Kembar dengan Dua Ayah



Melahirkan bayi kembar memang sebuah anugerah bagi seorang ibu. Namun, bagaimana bila melahirkan bayi kembar dari dua ayah yang berbeda? Seorang ibu muda asal New Jersey dilaporkan melahirkan bayi kembar, dari dua ayah yang berbeda.

Dilansir dari sumber Mirror, kasus yang langka ini terungkap setelah ibu yang berinisial T.M itu mengakui bahwa ia memiliki kekasih yang merupakan ayah dari salah satu bayi kembarnya, sebelum menandatangani surat bersalin. Ia mengaku sempat berhubungan dengan pria yang berbeda, seminggu setelah ia dinyatakan hamil. Pengakuan tersebut didukung dengan tes DNA yang membuktikan bahwa kedua pria tersebut memang merupakan ayah dari masing-masing bayi kembar, yang kini berusia balita.

Hingga saat ini, pasangan asli dari ibu muda tersebut hanya mau menanggung kebutuhan salah satu dari bayi kembar, yang merupakan anaknya. Pengadilan di New Jersey pun ikut turun tangan menangani kasus ini.

Meskipun tergolong langka, ternyata kasus ini bisa dijelaskan secara ilmiah. Proses ini dikenal sebagai superfekundasi heteropaternal. Ini terjadi ketika seorang wanita saat masa subur berhubungan dengan dua pria yang berbeda dalam rentang waktu yang berdekatan, di minggu yang sama. Sel sperma dari kedua pria tersebut bisa saja membuahi dua sel telur. Proses inilah yang memungkinkan seorang wanita melahirkan bayi kembar dengan dua ayah yang berbeda, ketika ia berhubungan dengan dua pria di minggu yang sama.

Sebenarnya, superfekundasi heteropaternal ini sangat jarang terjadi pada manusia, tetapi umumnya terjadi pada beberapa spesies hewan seperti anjing dan kucing. Beberapa jurnal medis juga sempat mencatat penjelasan proses ini secara ilmiah. (Aulia/DT/dok.M&B)