TODDLER

Anak Asma Kemungkinan Alergi Terhadap Kacang



Apakah Si Kecil memiliki asma? Studi terbaru mengungkapkan beberapa anak yang mengalami asma bisa jadi mengidap alergi kacang. “Anak yang mengalami asma kesulitan untuk mengontrol gejala-gejala asma, seperti batuk dan bersin, sehingga orangtua perlu melakukan tes apa saja yang memicu asma Si Kecil, termasuk kacang,” ujar pemimpin studi, Dr. Robert Cohn, dan Mercy Children's Hospital di Toledo, Ohio, AS.

Dalam studi, para ilmuwan memeriksa data kesehatan 1.517 anak asma yang melakukan perawatan di klinik Mercy Children's Hospital. Mereka pun melihat apakah anak-anak tersebut didiagnosis memiliki alergi kacang dan melakukan tes darah untuk melihat apakah ada reaksi alergi terhadap kacang.

Dilansir melalui Yahoo, dari seluruh anak, 665 di antaranya melakukan tes darah untuk alergi kacang dan 22 persen ternyata positif sensitif terhadap kacang. Meski begitu, separuh dari keluarga anak-anak tersebut tidak mengetahui kalau mereka alergi kacang.

Alergi kacang dapat berpengaruh besar pada kesehatan anak asma. Dalam studi yang dipublikasikan di Journal of Pediatrics pada 2010, para peneliti menemukan anak asma yang juga alergi kacang 2 kali lebih banyak melakukan rawat inap di rumah sakit dibandingkan dengan anak asma namun tidak memiliki alergi kacang.

“Jadi, ada kemungkinan sensitivitas terhadap kacang membuat gejala asma yang dialami lebih parah,” ujar Cohn saat diwawancarai oleh Live Science. Alasan lain mengapa anak pengidap asma perlu melakukan tes alergi kacang karena obat-obatan penderita asma harus dihindari oleh penderita alergi kacang. (Sagar/DT/Dok. M&B)