FAMILY & LIFESTYLE

Manfaat Buah Kiwi saat Puasa



Salah satu buah yang kaya serat dan sangat baik dikonsumsi saat bulan puasa adalah buah kiwi. Buah kiwi memiliki kandungan serat yang paling tinggi, yakni sebanyak 3 g/100 g, dibandingkan dengan pepaya. Buah kiwi juga telah lama diketahui memiliki efek melunakkan daging karena mengandung enzim actinidin. Buah kiwi juga dapat mencerna protein dengan lebih optimal. Serat yang tinggi dalam buah kiwi juga dapat membantu menunda lapar karena membuat kadar glukosa darah tetap stabil, cocok untuk Si Kecil agar dapat menjalankan puasa penuh.

Buah kiwi merupakan buah yang sangat kaya nutrisi dengan vitamin C 3 kali lipat lebih besar dari jeruk, dan nutrisi 10 kali buah apel. Dengan tingginya vitamin C dan nutrisi, buah kiwi dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda dan Si Kecil. Dengan vitamin C yang tinggi, buah kiwi juga dapat meningkatkan sistem imun dan mencegah berbagai penyakit, sehingga Anda tetap fit selama berpuasa.

“Riset yang dilakukan oleh University of Otago juga menemukan bahwa mengonsumsi buah kiwi sebanyak 2 buah per hari dapat mengurangi mood yang buruk, mengurangi kelelahan, depresi, serta meningkatkan semangat,” ungkap Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, Msc. MS. Sp.GK, dokter spesialis gizi klinik dari FKUI,dalam konferensi pers Zespri, Selasa (23/06) lalu.

Ia menambahkan, orang-orang yang rutin mengonsumsi kiwi dapat mengalami penurunan gangguan suasana hati dan kelelahan sebanyak 38 persen, depresi berkurang sebanyak 34 persen, dan semangat meningkat sebanyak 31 persen. Karena itu, dengan mengonsumsi makanan yang padat nutrisi dan kaya vitamin C, mood dan energi akan meningkat, sehingga Anda dan keluarga dapat menjalankan puasa dengan maksimal. (Aulia/DT/dok.freedigitalphotos)