FAMILY & LIFESTYLE

5 Langkah Mengambil Keputusan



Ibu seringkali mengalami dilema saat harus mengambil keputusan. Apalagi bagi ibu yang bekerja. Namun, bagaimana pun keputusan memang harus dibuat dan pasti ada risikonya. Keputusan yang baik adalah yang menjawab kondisi terbaik saat ini. Anda tidak bisa meramal masa depan, hanya bisa mempersiapkannya saja.

Cobalah pertimbangkan mana yang terbaik untuk saat ini. Rosdiana Setyaningrum, Mpsi, M.HPed, psikolog rubrik Mother&Baby menyarankan 5 langkah untuk mengambil keputusan terbaik, seperti berikut.

1. Saat harus mengambil keputusan, kumpulkan data yang terkait dengan keputusan tersebut.

2. Matikan saklar otak Anda. Biasanya, untuk keputusan besar, Anda perlu ketenangan untuk memutuskannya. Fokus pada pikiran itu, abaikan semua hal yang mengganggu pengambilan keputusan, lalu tenangkan diri Anda.
3. Orang lain boleh berpendapat soal keputusan yang harus Anda ambil. Tampung saja semua masukan, kemudian pilah mana informasi yang Anda butuhkan. Semua data itu, bisa menjadi bahan pertimbangan. Tetapi, tetap keputusan ada di tangan Anda.
4. Keputusan bukan pengalihan masalah. Apa yang Anda putuskan bukan pengalihan sementara dari masalah yang Anda hadapi. Keputusan harus memperbaiki keadaan.
5. Akui kesalahan. Kadang, keputusan yang Anda ambil mungkin salah. Akui kesalahan dan upaya perbaikan. (RS/SR/Aulia/DT/dok.M&B)