BABY

Mengenal Attachment Parenting (3)



Dr. William Sears sangat terkenal dengan teori Attachment Parenting-nya. Lewat teori ini, ia menjelaskan konsep 7B yang dapat membuat hubungan Anda dan Si Kecil melekat semakin dekat.

3. Baby Wearing
Melalui poin baby wearing, Dr. William menganjurkan para orangtua untuk sering menyentuh dan menggendong Si Kecil di minggu-minggu awal usianya, sebagai periode kritis untuk membangun bonding. Tahukah Anda bahwa bayi belajar banyak hal saat Anda menggendongnya? Ia akan belajar untuk mengenal Anda lebih dekat, indra penglihatannya akan belajar untuk mengenali wajah Anda, indra pendengarannya akan merekam suara Anda, dan indra penciumannya akan menghafal bau khas tubuh Anda.

Sensitivitas Anda sebagai seorang ibu akan terlatih dengan baik saat Si Kecil ada dalam dekapan Anda. Kedekatan juga dapat membangun pengenalan yang baik. Jadi, segera kesampingkan pendapat yang berkata jika bayi yang sering digendong akan bau tangan, karena menurut Dr. William, bayi yang sering digendong akan menjadi lebih pintar dibanding bayi yang hanya dibiarkan diam dalam boksnya.


4. Bedding Close to Baby
Dr. William percaya bahwa tidur berdekatan dalam satu ranjang dengan Si Kecil akan membantu orangtua terhubung kembali dengan buah hatinya, terutama jika Anda sibuk bekerja sepanjang hari dan hanya memiliki waktu untuk Si Kecil pada malam hari. Bagi sebagian anak, malam hari adalah waktu yang sangat menakutkan karena gelap dan sedikitnya cahaya. Tidur bersama dengan Anda akan membantu meringankan ketakutan itu.

5. Belief in The Language Value of Baby’s Cry
Tangisan bayi adalah cara bayi untuk berkomunikasi. Ketika Anda memberikan respons yang baik saat ia menangis, akan tumbuh kepercayaan dalam hubungan Anda dan Si Kecil. Setiap bayi percaya bahwa orang tuanya akan merespons kebutuhannya dengan baik. Dengan begini, orangtua juga menjadi lebih percaya diri untuk menginterpretasikan tangisan Si Kecil. Respons yang Anda berikan memang tak bisa selalu tepat pada awalnya. Ketika ia menangis karena lapar, mungkin Anda mengira ia tak nyaman dengan popoknya. Tak perlu khawatir karena seiring waktu, Anda akan menjadi lebih berpengalaman dan semakin mengerti arti tangisan Si Kecil. Yang terpenting adalah segera merespons ketika bayi kecil Anda menangis, jangan membiarkannya menangis terlalu lama, karena ia akan berpikir Anda tak peduli. Tidakkah Anda juga ingin mendapat respons ketika sedang berbicara dengan orang lain? (OCH/ Dok. M&B UK)