BUMP TO BIRTH

Kondisi Ibu saat Menyapih



Saat proses menyapih berlangsung, tubuh ibu dan Si Kecil akan menyesuaikan. Suplai ASI akan berkurang secara bertahap seiring dengan berkurangnya rangsangan isap pada payudara. Namun, payudara mungkin saja membengkak karena ASI tidak terkonsumsi.

Jika bengkak terjadi, keluarkan ASI dengan menggunakan pompa atau dipijat dengan tangan. Namun, jangan menghabiskan ASI di payudara sebab akan merangsang kelenjar susu untuk memproduksi lebih banyak lagi. Si Kecil pun akan menyesuaikan diri. Jika tadinya ia memakai refleks mengisap untuk menyusui, sekarang ia akan memakai otot mulutnya untuk mengonsumsi susu dari gelas atau botol.

Secara emosi, Anda dan Si Kecil pun akan menyesuaikan. Meski tidak memeluk sambil menyusuinya, Anda masih dapat memeluk Si Kecil di saat ia bermain atau menjelang tidur. Pelukan dan senyuman penuh kehangatan dari Anda akan meyakinkan Si Kecil bahwa tanpa ASI, ia masih mendapat perhatian dan kasih sayang. Dan Anda pun tidak akan terlalu sedih atau kecewa karena kehilangan masa menyusui. Terus tanamkan cinta dan perhatian sebab emosi yang positif akan membuat tumbuh kembang Si Kecil sempurna. (OCH/Aulia/DT/dok.M&B)