FAMILY & LIFESTYLE

Pro Kontra Vitamin A dan Vaksinasi



Mana yang lebih baik, pemberian vitamin A atau vaksinasi? Vitamin dan vaksinasi sebenarnya sama penting dan besar manfaatnya. Namun studi terakhir yang meneliti vaksinasi dan suplemen vitamin A, menemukan bahwa pemberian keduanya secara bersamaan ternyata tidak selalu menguntungkan.

Studi tersebut dilakukan oleh Staten Serum Institut, Kopenhagen, Denmark, terhadap 11.700 anak berusia 6 bulan-7,5 tahun. Mereka menemukan suplemen vitamin A bermanfaat untuk mengurangi risiko mata kering dan infeksi pada anak-anak yang tidak divaksin. Namun pada anak-anak yang mendapat vaksin, suplemen vitamin itu nyaris tidak bermanfaat.

“Efek pemberian vitamin A plus vaksinasi pun berbeda pada anak laki-laki dan perempuan. Pemberian vaksin dan tambahan vitamin A pada anak laki-laki dapat mengurangi risiko kematian. Namun pada anak perempuan, hal itu justru meningkat risikonya, apalagi jika tambahan vitamin A tersebut diberikan bersamaan dengan vaksin DPT,” jelas Dr. Christine Stabell Benn, salah satu peneliti seperti dilansir dari Reuters Health. Namun, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah ada hubungan antara vaksinasi dan suplemen vitamin A, karena studi tersebut masih belum menghasilkan data mengenai korelasi antara keduanya. (Deonisia/DC/Dok. M&B)