TODDLER

Penyebab Anak Terlambat Bicara



Si Kecil belum juga bisa bicara. Apa penyebabnya, ya? Keterlambatan berbicara bisa disebabkan oleh beberapa hal. Psikolog dan ahli terapi wicara anak dari Klinik Sehati RSAB Harapan Kita, Rita Rahmawati, A.Md, TW, S.Pd., menyebutkan beberapa penyebab tersebut.

- Lingkungan sekitar. Orang-orang yang ada di sekitar Si Kecil, yang berinteraksi dengannya setiap hari, sangat berperan penting dalam menunjang kelancaran berbicara, khususnya mengucapkan kosakata dengan benar. Jika mereka tidak rajin dan telaten mengajarkan Si Kecil, baik secara langsung maupun melalui media stimulasi lain, seperti karton bergambar ataupun mainan edukatif, maka Si Kecil akan mengalami gangguan pengucapan dan artikulasi.

- Kondisi fisik Si Kecil, yang meliputi bentuk fisiologis organ mulutnya, seperti lidah, langit-langit, dan gigi. Jika salah satu mengalami kelainan, seperti gigi keropos, lidah pendek atau panjang, langit-langit bercelah atau berlubang, maka artikulasi kata tidak akan jelas.

- Kemampuan motorik. Jika proses milestone motorik Si Kecil tidak lengkap atau ada yang terlewat, maka akan memengaruhi kerja otak, sehingga kelancaran bicara Si Kecil pun ikut terganggu.

- Bilingualisme (lebih dari satu bahasa). Jika Si Kecil berada di tengah sebuah keluarga yang berkomunikasi lebih dari 1 bahasa, maka ia akan mengalami gangguan berbicara sebab ada banyak jenis kata yang berbeda lafal dan artikulasi yang membuatnya bingung. (M&B/OCH/Dok. M&B UK)