FAMILY & LIFESTYLE

Tips Mengembalikan Keindahan Kulit dan Rambut Pasca Persalinan



Kulit yang bersinar, serta rambut yang sehat tentu menjadi dambaan setiap wanita. Namun, setelah persalinan sering kali keduanya menjadi tampak kusam. Atasi masalah tersebut dengan mengonsumsi beberapa vitamin harian seperti dilansir melalui Yahoo!berikut ini.

Vitamin C

Vitamin C dapat membantu melawan kerusakan sinar UV dan mencerahkan kulit. “Vitamin C sangat penting untuk memproduksi kolagen dan menjaga kesehatan pembuluh darah pada kulit,” ujar Francesca Fusco, M.D., dermatolgis Clear Scalp & Hair. Selain mengonsumsi buah jeruk, pepaya, kale, stroberi, dan paprika kuning, Anda pun dapat menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung vitamin C.

Vitamin E
Vitamin E adalah sumber antioksidan dan mampu membentengi kulit Anda dari radikal bebas, seperti polusi atau sinar UV yang mempercepat kerusakan kolagen. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin E, sering-seringlah mengonsumsi bayam, kacang-kacangan, serta minyak biji bunga matahari.

Vitamin A
Vitamin A dapat diperoleh dari wortel, labu, ubi, dan kale. Tidak hanya dikonsumsi, vitamin A juga bisa dioleskan di kulit sebagai senjata anti-aging. Francesca menyebutkan, vitamin A dapat mempercepat pergantian sel kulit mati dan membawa sel-sel baru yang membuat kulit lebih cerah. Meski vitamin A efektif mencegah bahkan mampu menyamarkan garis-garis halus dan kerutan, kulit Anda biasanya akan memerah dan mengelupas saat menggunakannya, terutama di awal pemakaian.

Asam Lemak Omega-3
Nutrisi yang satu ini berfungsi membentuk 3 persen batang rambut dan membran sel kulit kepala. Selain itu, juga mampu membantu sirkulasi di kulit kepala. “Hal ini penting untuk membuat rambut dan kulit kepala menjadi sehat. Omega-3 juga membantu pertumbuhan rambut agar menjadi sehat, kuat, dan berkilau,” ujar Francesca. Makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 adalah salmon, edamame, kenari, serta daging sapi.

Zat Besi
Zat besi merupakan kunci untuk menguatkan rambut Anda. Tanpa nutrisi ini, rambut akan rusak, rapuh, dan mudah rontok. Jadi, rajinlah mengonsumsi bayam, kacang-kacangan, kerang, kacang merah, dan biji wijen.

Biotin
Kekurangan biotin dalam tubuh dapat merusak struktur rambut hingga membuatnya rapuh. Namun, meski biotin mampu mencegah kerusakan dan kerontokan rambut, bukan berarti mengonsumsinya terus dapat mempercepat panjangnya rambut ya, Moms. Pertumbuhan rambut tergantung pada genetik masing-masing orang. Temukan biotin pada kacang, salmon, alpukat, raspberi, dan telur! (Sagar/DC/Dok. Stockimages/Freedigitalphotos)