FAMILY & LIFESTYLE

Atasi Kelelahan Ibu Baru



Tanya
“Bayi pertama saya baru berumur 1,5 bulan. Jujur, setelah ia lahir, saya merasa lebih lelah daripada saat hamil, karena sangat sibuk mengurusnya. Bagaimana mengatasi hal ini ya, Moms?”
Brigitta, 29, ibu dari Arianda, 1,5 bulan.

Jawab

Wajib Sarapan
“Biasanya, ibu baru sering meninggalkan sarapan, karena alasan sibuk mengurus anak di pagi hari. Padahal, sarapan merupakan kebiasaan penting yang harus dilakukan oleh ibu baru untuk menjaga asupan nutrisi. Menu gizi seimbang bagi ibu baru itu penting, lho. Kelelahan juga dapat disebabkan karena kurangnya asupan cairan. Biasanya ditandai dengan perubahan urine, sehingga yang terbaik adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan harian minimal 8 gelas setiap hari.”
Dian Oktaviasari, 34, ibu dari Noor Naufa 2 tahun 7 bulan, dan Nuri Qanita, 10 bulan.

Atur Waktu
“Coba atur waktu untuk istirahat. Ini penting agar semuanya seimbang, pekerjaan selesai, istirahat juga didapat. Harus sempatkan waktu untuk santai, sekadar mengobrol dengan teman, menonton acara kesayangan di televisi, atau jalan-jalan sore santai bersama anak sehabis mandi. Lakukan apa saja yang bisa merelaksasikan pikiran supaya tidak jenuh dan bosan, yang penting tidak lupa sama anak.”
Chacha, 23, ibu dari Aquellazhiova Muhammad Aerie, 2.

Mandi Air Jahe
“Untuk mengurangi rasa lelah dan mengembalikan tenaga, saya mandi dengan rebusan kulit jahe yang dikeringkan. Rasa hangat dan aromanya sangat membantu dan membuat saya rileks. Saya juga mengonsumsi sup ayam yang dimasak dengan sedikit vinegar dan jahe, supaya tubuh terasa hangat dan berenergi. Sesekali juga mengonsumsi sup telur ceplok dengan hati sapi dan jamur kuping kering, plus irisan jahe untuk memperlancar aliran darah.”
H. Tantri Wijayanti, 31, ibu dari Olivia Precious Grace, 1 tahun 2 bulan.

Madu dan Susu Kambing
“Setelah melahirkan, ibu hanya tinggal seminggu bersama kami. Setelah itu, saya lakukan semuanya hanya berdua dengan suami. Melelahkan bagi saya karena walaupun melahirkan dengan normal, tetapi saya mendapat banyak jahitan dan itu membuat aktivitas saya kurang leluasa. Saya suka merasa kelelahan, tapi saya siasati dengan minum madu dan susu kambing. Tenaga yang habis terkuras pun mulai pulih kembali.”
Mardiani, 39, ibu dari Amira Syafwina Hidayat, 2.

Pikiran Positif

“Yang saya lakukan untuk mengatasi kelelahan saat Si Kecil baru lahir adalah ikhlas. Ikhlas menghabiskan waktu seharian buat bayi, ikhlas begadang, ikhlas repot bolak-balik bongkar popok, ikhlas badan pegal-pegal. Intinya ikhlas lahir dan batin. Saya tidak pernah berhenti berdoa agar selalu diberi kekuatan dan berpikiran positif. Agar tubuh juga nyaman, setiap pagi dan sore saya mandi dengan air hangat untuk meredakan rasa lelah, mengonsumsi makanan seimbang, minum vitamin, buah-buahan, serta tersenyum setiap kali melihat Si Kecil.”
Lina Oktora, 36, ibu dari Bryan Emerald Lorrio, 9 bulan.(MD/Sagar/DC/Dok. M&B)