BUMP TO BIRTH

Tantangan Merawat Newborn di Minggu Pertama



Terjaga sepanjang malam, feses berwarna kehijauan, atau sisa tali pusat yang masih menempel merupakan beberapa tantangan yang harus dihadapi pada minggu pertama kelahiran Si Bayi. Dilansir melalui M&B UK, berikut saran-saran yang bisa Anda jadikan pedoman untuk melewati minggu pertama bersamanya!

Tidur di Malam Hari
Jika Si Bayi tidak mau tidur padahal Anda sudah melakukan segala upaya, yakinkan diri Anda bahwa ini tidak akan terjadi lagi di kemudian hari. Menurut Dr. Ellie Cannon, penulis Keep Calm: The New Mum's Manual, hal tersebut dapat diatasi dengan mengenalkan bayi tentang siang dan malam. “Malam hari berarti suasana hening, lampu temaram, serta sedikit interaksi. Sedangkan siang hari berarti terang, berisik, dan penuh interaksi,” ujar Dr. Ellie.

Di pagi atau sore hari, Anda bisa mengajak Si Bayi duduk di teras rumah untuk menikmati sinar matahari, sambil berinteraksi dengannya. Dengan begitu tubuhnya dapat memahami perbedaan antara siang dan malam. Namun karena kulitnya masih sangat sensitif, pastikan tidak langsung terkena kontak dengan matahari ya, Moms.

Perhatikan Asupan Cairannya
Jika Anda merasa Si Bayi jarang menyusu, Anda bisa mengeceknya ke dokter. “Bayi dapat dehidrasi dalam waktu beberapa jam saja, apalagi jika ia mengalami demam, muntah, atau diare,” ungkap Dr. Ellie. Sebagai acuan, Anda juga bisa melihat dari kondisi popoknya. Apabila popoknya kering lebih dari setengah hari, itu mengindikasikan ia mengalami dehidrasi. “Kalau Anda tidak tahu apakah Si Bayi buang air kecil atau tidak karena di popoknya terdapat feses, tempelkan kapas di atas popok. Bila ia buang air kecil, secara otomatis kapas akan terasa basah,” tambah Dr. Ellie.

Jangan Cemaskan Tali Pusat
Tali pusat bayi akan lepas dengan sendirinya sekitar 5-15 hari setelah ia dilahirkan. Karenanya, biarkan tali pusat kering dan jangan digesek-gesek atau ditarik. Anda hanya perlu membersihkan area di sekitar tali pusat menggunakan kapas basah. Segera konsultasikan ke dokter jika tali pusat berbau atau terlihat infeksi.

(Baca juga: Tip Merawat Tali Pusat)

Feses Hijau Bukan Masalah
Di minggu pertama, Anda akan melihat perubahan pada feses Si Kecil, dari hitam dan lengket, menjadi hijau, kemudian kekuningan. Menurut Dr. Ellie, bayi yang diberi ASI eksklusif, fesesnya akan cenderung lembut dan cair, serta berwarna kuning pucat. Sedangkan bayi yang mengonsumsi susu formula, fesesnya lebih padat dan berwarna kecokelatan.

Posisi Tidur
Posisi teraman untuk Si Bayi ketika tidur adalah telentang. Anda pun sebaiknya menjauhi selimut, sebab dapat menutupi tubuh mungilnya dan berisiko membuatnya kesulitan bernapas. (Sagar/DC/Dok. M&B)