BABY

Bayi Cepat Haus? Waspada Diabetes!



Diabetes merupakan penyakit genetik, yang membuat penderitanya tidak dapat memproses gula darah dengan baik. Bayi yang orangtuanya mengidap diabetes memiliki risiko tinggi terkena penyakit ini. Tetapi, ada juga beberapa bayi yang terdiagnosis diabetes, meski tidak memiliki riwayat dari orangtuanya. Di Indonesia, kasus diabetes memiliki perbandingan 1:100.000.

“Mungkin terdengar sedikit, tetapi setiap tahun, kita mendapat laporan banyak bayi yang menderita diabetes. Tiap bulan, saya pun merawat cukup banyak bayi yang terkena diabetes. Belum lagi bayi yang tidak terdeteksi dan langsung meninggal, karena tidak ditangani dengan baik,” ujar Dokter Aman Bhakti Pulungan, Sp.A (K), dari RSPI Pondok Indah.

Secara umum, ciri-ciri bayi dengan diabetes hampir sama dengan yang ada pada orang dewasa. Namun, gejala spesifiknya adalah anak banyak minum, cepat haus, dan jika belum minum, ia akan terlihat sangat lemas. Selain itu, ia juga lebih cepat rewel, sering buang air kecil, dan selalu mengompol.

Tanda lainnya adalah jika anak makan dengan porsi normal, bahkan cenderung banyak, berat badannya tetap sulit naik. Doktor Natasha Burgert, MD, FAAP., dari Pediatric Associates di Kansas City, Missouri, AS, menambahkan, muntah-muntah tanpa sebab juga dapat menjadi salah satu ciri diabetes pada bayi.(LNH/Sagar/DC/Dok. M&B)

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai diabetes pada bayi dan cara pencegahannya, cek di majalah Mother&Baby edisi Februari 2016 ya, Moms!