FAMILY & LIFESTYLE

Aturan Main Gadget untuk Anak ala Erwin Parengkuan



Presenter dan enterpreneur, Erwin Parengkuan, ternyata memiliki cara sendiri dalam mengatur penggunaan gadget bagi keempat anaknya, yaitu Giulio, 17, Marcio, 14, Abielo, 10, dan Matacha, 7. Ia bersama Jana, istrinya, sepakat untuk tidak membiarkan anak-anak mereka tergantung pada gadget, namun juga tidak melarang menggunakannya.

Pasangan yang mengasuh keempat anaknya tanpa nanny ini memiliki aturan main sendiri. “Kami tidak memberikan gadget kepada anak-anak sebelum mereka masuk SMA. Aturan itu tegas dan berlaku untuk semuanya,” ujar Erwin.

Selain itu, ia dan Jana melarang ada yang menggunakan gadget dalam bentuk apapun saat makan malam keluarga. “Kalau ada yang bermain handphone saat makan malam, saya tidak segan-segan membuangnya,” tegasnya.

Aturan main ini diterapkan kepada anak-anaknya tanpa tawar-menawar. Ya, Erwin dan Jana memang masih menggunakan pola asuh anak yang tradisional di zaman modern ini. Ia mengakui tidak ingin anak-anaknya mendapatkan banyak informasi dari dunia luar ketimbang dari orangtuanya sendiri.

Alasan itu pula yang membuat Erwin menolak apabila ada tawaran bagi anak-anaknya untuk masuk ke dunia hiburan, mengikuti jejak kedua orangtuanya. “Saya ingin anak-anak fokus pada pendidikan dulu,” tandasnya. (Meiskhe/DC/Dok. FreeDigitalPhotos/Kdshutterman)