FAMILY & LIFESTYLE

Istirahat Sebentar dari Diet, Boleh Kok!



Saat berdiet, kita justru sering kalitidak bisa menahan godaan untuk menyantap makanan favorit. Saat menyadarinya, kita pun merasa bersalah dan bertekad untuk diet lebih ketat lagi. Sebenarnya, tak perlu merasa bersalah! Ketika sedang diet, kita memang membutuhkan cheat day alias rehat sehari. Cheat day ini juga memiliki beberapa manfaat, seperti:

Lebih mudah menghindari camilan

Tim Ferris, penulis buku The 4-Hour Body, mengungkapkan, cheat daymembuat kita tidak penasaran lagi dengan rasa camilan yang diinginkan. Jadi, kita dapat mencoba camilan saat sedang 'cheat' dan tidak mencuri-curi waktu di tengah malam hanya untuk ngemil.

Lebih bahagia menjalankan diet

Menurutpersonal trainer para selebriti Amerika, Harley Pasternak, menerapkan cheat day saat diet, akan membantu kita merasa lebih bahagia, karena tak kehilangan kesempatan untuk menikmati makanan lezat yang disukai

.

Memperbaiki otot

Saat diet, kita biasanya tak memberikan makanan yang cukup untuk otot. Nah, cheat day dibutuhkan untuk memulihkan kekuatan, sekaligus mempersiapkan diri untuk menjalankan diet kembali di kemudian hari. Jika disantap dalam jenis dan jumlah yang tepat, makanan non-diet akan membantu memperbaiki dan memperkuat otot tubuh. (Lydia Natasha/DC/Dok. Freedigitalphotos)