FAMILY & LIFESTYLE

Beragam Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil dan Janin



Jika Anda berpikir konsumsi alpukat membuat tubuh menjadi gemuk, anggapan itu salah! Alpukat adalah satu-satunya buah kaya asam folat yang berguna untuk memproduksi, serta mempertahankan sel-sel baru di awal kehamilan Anda.

"Asam folat juga telah terbukti menurunkan risiko cacat lahir," ujar Joseph Hersh, M.D., dokter anak dari University of Louisville School of Medicine, Kentucky, dan juru bicara American Academy of Pediatrics. Berikut beberapa manfaat lain alpukat untuk ibu hamil:

1. Kaya akan lemak baik

Untuk 1 porsi alpukat dengan berat 3,5 ons terdapat 177 kalori di dalamnya. Lemak jenuh di dalam alpukat akan menumbuhkan membran sel pada janin. Jutaan sel baru pun bertumbuh seiring munculnya membran yang terbuat dari lemak.

2. Mengandung banyak vitamin

Alpukat mengandung vitamin K, asam folat, vitamin B5, vitamin B6, dan vitamin E. Selain itu juga kaya zat besi, magnesium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin B3.


Baca juga: 10 Buah yang Baik untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

3. Mencegah deformitas pada bayi di dalam kandungan

Kekurangan asam folat dapat menyebabkan deformitas tulang pada bayi sebelum lahir. Deformitas merupakan susunan gigi tetap yang tidak teratur, karena adanya gangguan rahang dalam perkembangannya. Di kemudian hari, gigi susu pun akan mengalami keterlambatan untuk tanggal.

4. Mencegah anemia

Keguguran dapat disebabkan oleh kurangnya zat besi (Fe) dan berakibat anemia. Sementara, alpukat sendiri kaya akan zat besi. Karenanya, konsumsilah beberapa potong alpukat setiap hari untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

5. Mengurangi radang pencernaan

Alpukat mengandung karotenoid yang termasuk dalam beta karoten dan likopen. Kandungan tersebut dapat mengurangi peradangan pada lambung dan peradangan lapisan mukosa pada usus halus. (Seva Dwi/DC/Dok. Freedigitalphotos)