BABY

7 Cara Membuat Si Kecil Cerdas



Makanan kaya nutrisi memang baik untuk menunjang otak cerdas Si Kecil. Namun selain memberikan makanan bergizi, ternyata ada banyak cara lain yang dapat Moms lakukan untuk membuat Si Kecil cerdas, lho. Mau tahu? Ikuti 7 cara ini, yuk:

1. Berikan Perhatian
“Hal terbaik yang dapat Anda lakukan agar otak bayi Anda tumbuh adalah dengan memberinya perhatian,” ujar Claire Lerner, konsultan Fit Pregnancy and Baby di Washington DC. Jadi ketika Si Kecil menangis, langsung berikan kenyamanan dengan menggendong dan menenangkannya. Moms juga dapat ikut bermain saat Si Kecil mulai bermain, lho.

2. Berikan ASI
Studi dari Brown University mengungkapkan, bayi yang diberi ASI setidaknya dalam 3 bulan pertamanya, akan memiliki sinyal otak yang lebih kuat dan cepat. Oleh karena itu, sebaiknya Anda langsung memberikan ASI pada Si Kecil agar kesehatannya semakin baik.

3. Membuatnya Tenang
“Membuatnya merasa aman berada di dekat Anda, dapat menenangkan otak Si Kecil,” ujar Claire Lerner. Jika bayi Anda terus menangis ketika Anda menggendongnya, sentuhan lembut akan membantu menenangkan sistem saraf dan dapat mencegah Si Kecil dari stres.

4. Mendengar
Sejak bayi dilahirkan, ia sudah mengenal suara Anda lho, Moms! Hal ini terjadi karena Si Kecil sudah dapat mendengar suara Anda sejak masih di dalam rahim. Saat Si Kecil masih bayi, ia bahkan dapat membedakan nada suara Anda sedang marah atau tidak. Maka sebaiknya, berikan kata-kata lembut ketika bersama Si Kecil. Setelah lahir, sering ajak Si Kecil ngobrol ya, Moms.

5. Bermain Cilukba
Bermain cilukba adalah salah satu permainan yang bagus karena mengajarkan Si Kecil tentang objek permanen. Si Kecil akan belajar bahwa Anda selalu di dekatnya, bahkan ketika dia tidak bisa melihat wajah Anda.

6. Mengajarkan Berulang-ulang
Mungkin Moms bosan kalau diminta membacakan dongeng yang sama berulang-ulang, namun ternyata ini salah satu cara Si Kecil belajar. “Si Kecil cenderung untuk mengulangi perilaku sampai ia merasa ia telah menguasainya,' ujar Andrew Garner, M.D, ketua American Academy of Pediatrics Early Brain and Child Development Leadership Workgroup.

7. Berikan Ruangan yang Tenang
Terkadang ruangan yang bising membuat Anda tidak bisa berkonsentrasi. Itu juga yang dirasakan Si Kecil ketika menonton TV. TV dengan gambar yang bergerak dan penuh suara terkadang membuat Si Kecil menjadi sulit untuk berkonsentrasi, maka sebaiknya hindari TV agar ia dapat bermain dengan beberapa permainan edukatifnya. (Seva/TW/Dok. M&B UK)