FAMILY & LIFESTYLE

5 Hal yang Harus Dihindari agar Gigi Putih



Semua orang pasti menginginkan gigi putih berkilau. Ada banyak cara untuk membuat gigi putih, seperti menggunakan jasa dokter gigi atau dengan cara alami. Namun, apakah Anda tahu cara merawat gigi agar senantiasa putih? Karena makanan yang Anda konsumsi bisa membuat gigi jadi kuning lho, Moms! Berikut 5 hal yang sebaiknya Anda hindari karena dapat menodai gigi, seperti dikutip dari Reader's Digest.

1. Buah Berry

Buah-buahan seperti blueberry dan blackberry dapat menodai gigi Anda karena memiliki pigmen yang sulit dibersihkan. Bahkan ketika buah ini dimasak dalam pie atau cake, pigment tersebut tetap dapat menodai gigi Anda. Pengecualian pada buah stroberi, yang justru dapat menghilangkan noda di gigi secara alami, karena mengandung asam malat.

2. Obat dan Antiobiotik

Beberapa jenis obat dan antiobiotik juga bisa merusak warna gigi Anda, umumnya obat untuk infeksi bakteri atau penyakit kulit. Beberapa bahan yang menodai gigi misalnya tetrasiklin, minocycline, dan doksisiklin.

3. Menggunakan Obat Kumur yang Salah

Obat kumur memang digunakan untuk membersihkan mulut, namun jika obat itu mengandung chlorhexidine dan cetylpyridinium chloride, sebaiknya Anda menggantinya. Kedua zat tersebut dapat membuat warna gigi Anda tidak putih bersih.

4. Rempah

Beberapa rempah seperti bumbu kari, dapat membuat gigi berubah warna. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengonsumsi bahan makanan yang membantu menghilangkan noda secara alami. Misalnya seledri, wortel, atau apel.

5. Minuman Berwarna Gelap

Kopi dan teh adalah beberapa minuman yang dapat menodai gigi. “Ini mudah untuk diingat. Noda apapun yang tidak bisa hilang dari kemeja putih Anda, akan sulit hilang pula dari gigi Anda,” ujar Lana Rozenberg, dokter gigi dari New York. Namun, jika meminum kopi dan teh sudah menjadi rutinitas Anda di pagi hari, Anda dapat mengurangi nodanya dengan minum air putih atau menggunakan sedotan. (Nadia/TW/Dok. Freedigitalphotos.net)